Wah, Michelin Mau Bikin Ban yang Terbuat dari Botol Plastik Daur Ulang!

Berita Otomotif

Wah, Michelin Mau Bikin Ban yang Terbuat dari Botol Plastik Daur Ulang!

PARIS – Michelin sedang melakukan riset dan pengembangan untuk menciptakan ban dengan material dari botol plastik ulang.

Studi tersebut, seperti diwartakan Carscoops baru – baru ini, dilakukan melalui kolaborasi dengan perusahaan biokimia Prancis Carbios. Dalam pernyataan resmi, pabrikan ban yang bermarkas di Clermont-Ferrand, Prancis tersebut mengaku sudah berhasil melakukan pengujian terhadap teknologi daur ulang plastik bersama sang partner.

Proses ini menggunakan suatu enzim untuk mendepolimerisasi polietilena tereftalat (polyethylene terephthalate/PET) yang terdapat di kebanyakan produk plastik seperti botol maupun pakaian poliester. Melalui proses rumit ini, kedua perusahaan sukses menciptakan poliester dengan ketahanan tinggi yang cocok dipakai sebagai bahan membuat ban.

Material tersebut memiliki resistensi terhadap kerusakan/pemecahan, tangguh, serta punya stabilitas memadai terhadap panas.

Ban Michelin

Nicholas Seeboth, Direktur Riset Polimer Michelin, mengaku bangga bisa menjadi yang pertama memproduksi dan mengetes serat buatan (technical fibre) daur ulang untuk produksi ban. Mereka menciptakan dari botol – botol plastik bekas berwarna dengan menggunakan teknologi enzimatik Carbios.

“(Material hasil riset kami) mendemonstrasikan kemampuan untuk memberikan performa identik seperti yang berasal dari industri minyak,” ucap dia.

Michelin punya target ambisius untuk membuat teknologi dan produk mereka semakin ramah lingkungan. Pabrikan ini ingin menggunakan material terbarukan atau daur ulang sebanyak 40 persen pada 2030 dan 100 persen pada 2050.

Setiap tahun, ada 1,6 miliar ban mobil yang dijual di seluruh dunia. Ini merepresentasikan 800 ribu ton serat PET setiap tahunnya.

Ban Michelin

“Pada 2019, Carbios mengumumkan keberhasilan membuat botol PET pertama menggunakan proses pemurnian asam tereftalat (Purified Terephthalic Acid/rPTA) 100 persen yang dibuat dari daur ulang enzimatik limbah PET bekas konsumen. Hari ini, bersama Michelin, kami mendemonstrasikan kelanjutan dari proses itu melalui kesuksesan menghasilkan serat buatan dengan spesifikasi seperti pada ban – ban Michelin, dari limbah plastik daur ulang sama,”ujar Alain Marty, Chief Scientific Officer Carbios. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar