Volkswagen Luncurkan Generasi Terakhir Mesin Konvensional pada 2026

Berita Otomotif

Volkswagen Luncurkan Generasi Terakhir Mesin Konvensional pada 2026

WOLFSBURG – Volkswagen (VW) Group mulai 2026 akan meluncurkan generasi terakhir mesin konvensional berteknologi pembakaran dalam (internal combustion engine/ICE) pada seluruh merek yang mereka tangani, baik yang berbahan bakar bensin atau diesel.

Michael Jost, Head of Group Strategy Product VW, menjelaskan bahwa hal itu akan berlaku bagi seluruh merek yang berada di bawah naungannya. Salah satu pabrikan terbesar dunia itu membawahi belasan merek otomotif mulai dari mobil penumpang, mobil komersial, supercar, sepeda motor, truk dan bus.

“Kami saat ini masih mengerjakan platform terakhir untuk kendaraan yang tidak bebas karbon dioksida. Kami secara bertahap menghilangkan mesin pembakaran dalam hingga menjadi benar-benar nihil,” lanjutnya seperti diwartakan Bloomberg pada pertengahan pekan ini.

Namun, kepunahan mesin konvensional VW masih cukup lama. Pasalnya, menurut Jost, VW masih akan memodifikasi mesin-mesin tersebut setelah 2026 sesuai kebutuhan untuk pasar negara-negara berkembang.

Bahkan, menurut Jost, mungkin saja masih ada beberapa model bermesin konvensional untuk negara-negara berkembang tersebut. Ini karena infrastruktur pendukung mobil listrik di pasar-pasar tersebut mungkin belum siap 100 persen dalam jangka panjang.

Semakin banyaknya negara yang berencana memperketat, bahkan menghilangkan mobil bermesin konvensional memang menghadirkan tekanan bagi para pabrikan otomotif global. Adapun VW mulai merancang strategi agresif menuju mobil listrik setelah skandal pemalsuan data emisi gas buang mereka terungkap pada 2015, membuat mereka harus membayar denda plus ganti rugi lebih dari 27 miliar euro (Rp 440,80 triliun).

Merek-merek VW Group sudah mulai memperkenalkan gelombang pertama mobil listrik mereka, termasuk Porsche Taycan pada tahun depan. Produksi VW I.D Neo hatchback bakal dimulai dalam 12 bulan di Jerman, diikuti model-model VW I.D lain di pabrik luar Jerman.

Pada 2030, VW Group ingin meluncurkan lebih dari 300 mobil, van, truk, motor berteknologi listrik murni atau hybrid. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support