Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Volkswagen dan Siemens Ujicoba Sistem Keselamatan Baru

Berita Otomotif

Volkswagen dan Siemens Ujicoba Sistem Keselamatan Baru

WOLFSBURG – Volkswagen dan Siemens melakukan uji coba WLANp Car2X di kota Wolfsburg, Jerman.

WLANp Car2X adalah adalah sebuah sistem yang dapat meningkatkan pertukaran informasi antara kendaraan dengan infrastruktur di sekitarnya. Volkswagen menjelaskan bahwa nantinya lampu lalu lintas akan memberi informasi pada pengendara melalui sistem di dalam kendaraan apakah akan menyalakan lampu merah atau hijau. Dengan demikian maka akan menghindari adanya pengereman atau penambahan kecepatan yang tidak perlu.

Untuk dapat mencapai tujuannya, Volkswagen dan Siemens akan melengkapi dua jalan raya di kota dengan sensor radar yang dapat menginformasikan kendaraan terdekat dengan pejalan kaki dan pesepeda. Membagikan data infrastruktur adalah salah satu cara yang dapat dilakukan produsen kendaraan untuk menciptakan mobil terkoneksi di masa depan.

“Dengan menggunakan sistem kecerdasan buatan dalam sistem lampu lalu lintas, maka sistem ini akan menyediakan informasi pada kendaraan dengan lebih tepat dibanding sebelumnya,” ungkap Manfred Fuhg, head of Siemens Mobility Germany.

Tentunya mengingatkan ketika lampu merah adalah sebagian kecil dari manfaat sistem tersebut. Bila sistem ini sudah sepenuhnya beroperasi maka kendaraan dapat saling mengingatkan akan kehadirannya, bicara dengan rambu lalu lintas dan bahkan pejalan kaki melalui gadget mereka. Namun, karena teknologi ini akan hadir melalui sistem 5G, maka tentunya saat ini masih dalam pengembangan.

Sebelumnya, Honda juga telah melakukan hal serupa dengan ‘Smart Intersection’ yang mereka kembangkan di Marysille, Ohio. Sistem tersebut dapat menyampaikan pada pengemudi apakah ada kendaraan, orang menyebrang atau objek bergerak lainnya saat mereka hendak melalui sebuah persimpangan.

Dengan semakin berkembangkan teknologi keselamatan maka diharapkan jumlah kecelakaan yang terjadi khususnya di persimpangan akan berkurang jauh dibandingkan sebelumnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang