Volkswagen Buat Bahan Bakar Diesel Baru

Berita Otomotif

Volkswagen Buat Bahan Bakar Diesel Baru

WOLFSBURG - Volkswagen bersama Coburg University mengumumkan bahwa mereka telah berhasil menciptakan bahan bakar baru yang disebut R33 BlueDiesel.

Bahan bakar tersebut pun diklaim sudah sukses dalam ujicoba yang dilakukan di Wolfsburg. Pengujian tersebut juga termasuk digunakannya bahan bakar di kendaraan operasional kantor sejak awal 2018. R33 BlueDiesel ini menggunakan bahan bakar yang dikembangkan oleh Neste Oil, sebuah perusahaan minyal asal Finlandia sejak satu dekade lalu. Bahan bakar tersebut memenuhi standar DIN EN 590.

Volkswagen mengklaim ketika menggunakan bahan bakar ini maka emisi CO2 yang dihasilkan berkurang hingga 20 persen dibanding dengan bahan bakar diesel lainnya. Inilah yang menjadikan Volkswagen yakin bahwa bahan bakar ini layak untuk digunakan pada kendaraan masa depan.

“Hasil ini sangat menggembirakan bagi Volkswagen dan partner kami. Kami bersiap untuk menghadapi peningkatan permintaan terhadap bahan bakar ini. Saya berharap bahwa SPBU nantinya akan menawarkan R33 BlueDiesel sebagai bahan bakar ramah lingkungan di masa depan,” ungkap Thomas Garbe, Volkswagen Project Manager.

Belakangan ini di seluruh dunia, kualitas bahan bakar memang semakin diperketatt. Hal ini pun membuat sejumlah pabrikan mobil berusaha untuk menciptakan kendaraan yang hemat bahan bakar hingga meluncurkan mobil ramah lingkungan termasuk mobil listrik.

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan mobil listrik masih belum menemukan hasil yang memuaskan. Kendaraan dengan mesin konvensional masih menjadi primadona khususnya di negara-negara berkembang.

Di Indonesia sendiri, Pemerintah juga berusaha untuk memberikan pilihan bahan bakar, khususnya diesel, dengan kualitas yang lebih baik. Salah satunya adalah dengan menyediakan solar B20 yang diklaim lebih ramah lingkungan dibandingkan solar biasa. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar