Isuzu Akui Filter Solar Jadi Kelemahan Penggunaan Solar B-20

Berita Otomotif

Isuzu Akui Filter Solar Jadi Kelemahan Penggunaan Solar B-20

JAKARTA - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengakui bahwa pelanggan harus lebih memperhatikan filter solar bila menggunakan solar B-20.

Hal ini karena sifat pada solar B-20 yang memiliki kemampuan ‘membersihkan’ kotoran pada bahan bakar. Akibatnya, filter solar sering terjadi blocking dan membuat perfoma mesin menjadi berkurang dibandingkan sebelumnya.

“Biodiesel itu memiliki sifat membersihkan sehingga kotoran tersebut akan tersaring di filter solar. Dan filter ini memang harus diganti setiap 10.000 km. Hanya saja karena sifatnya ini, maka filter jadi harus diganti sedikit lebih cepat, ” tutur Attias Asril selaku GM Marketing PT IAMI.

Lebih cepatnya filter solar diganti khususnya pada kendaraan diesel lama adalah karena kotoran di saluran maupun tangki bahan bakar sudah terlanjur banyak. Karena sifat solar B-20 yang membersihkan kotoran termasuk endapan di tangki bahan bakar dan saluran, maka filter solar akan lebih cepat kotor dari biasanya.

Meski demikian, Attias menegaskan bahwa masalah tersebut tidaklah berdampak terlalu signifikan selama pelanggan melakukan perawatan rutin. Dengan tetap rajin melakukan perawatan rutin sesuai buku petunjuk, maka kondisi filter tetap akan terjaga.

Kalau pun harus melakukan penggantian filter solar, maka pelanggan hanya harus menanggung biaya penggantiannya saja. Harganya pun diklaim kompetitif dan sudah tersedia di seluruh jaringan Isuzu di Indonesia.

“Filter solar adalah sparepart fast moving, jadi harganya sudah kompetitif dan sudah diproduksi di Indonesia,” tambahnya.

Selain menyebabkan filter solar menjadi lebih cepat diganti, perfoma kendaraan juga disebutkan menurun baik dari sisi akselerasi maupun tenaga yang dihasilkan. Penurunan perfoma tersebut tidak lepas dari kualitas filter solar kendaraan.

“Akselerasi menurun sebesar 2,5 persen dan tenaga yang dihasilkan juga sedikit menurun. Ini juga disebabkan filter solar yang sudah terlalu kotor namun ini bukanlah masalah signifikan. Filter tinggal diganti akan perfoma akan membaik lagi,” pungkasnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar