Pameran Truk dan Bus Nasional Jalan Terus, Tak Gentar Virus Corona

Berita Otomotif

Pameran Truk dan Bus Nasional Jalan Terus, Tak Gentar Virus Corona

JAKARTA – Virus Corona mulai masuk Indonesia. Di tengah kondisi ini, pameran mobil niaga di Jakarta pada 5 – 8 Maret nanti dipastikan jalan terus karena tidak diinstruksikan sebaliknya oleh pemerintah maupun asosiasi otomotif.

Seperti diketahui, pada Senin (2/3/2020) kemarin Presiden Joko Widodo mengonfirmasi dua orang di Depok, Jawa Barat potisitif terinfeksi virus Corona. Wabah virus bernama resmi COVID-19 ini sendiri dimulai di Wuhan, China pada akhir 2019 dan hingga kini merambah ke lebih dari 70 negara di seluruh dunia.

Banyak ajang otomotif dunia yang sudah batal digelar, seperti Grand Prix Formula One China, Beijing Motor Show, sampai Geneva Motor Show. Di Indonesia, seperti diberitakan Mobil123.com sebelumnya, pameran mobil niaga nasional bertajuk Gaikindo Indonesia Commercial Vehicle (GIICOMVEC) 2020 pada 5 – 8 Maret di Senayan, Jakarta juga terancam batal.

Pasalnya, Jongkie D. Sugiarto selaku Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), saat dihubungi Mobil123.com pada Selasa (3/3/2020), mengatakan sedang berkoordinasi dengan pemerintah Kementerian Perindustrian. Jika mereka mengatakan harus batal, maka pameran akan dibatalkan.

Pada Rabu (4/3/2020) pagi, Mobil123.com mencoba menghubungi Jongkie. Ia berganti sikap dengan menolak memberikan komentar.

“Hubungi Ketua Umum (Gaikindo) saja, hubungi Ketua Umum,” tukasnya.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, tidak mengangkat telepon Mobil123.com. Namun, ia merespons pesan singkat dengan mengatakan ‘sedang di Kementerian Perindustrian’.

Dua pejabat Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika dan Harjanto juga berusaha dihubungi. Tapi mereka tidak menanggapi.

Siang ini, Mobil123.com menghubungi Seven Event selaku penyelenggara GIICOMVEC. Romi, Presiden Direktur Seven Event, mengatakan hingga H-1 siang tidak ada intervensi dari pemerintah pusat maupun daerah, dalam hal ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, untuk menghentikannya sehingga acara tetap akan berlangsung.

“Masih sesuai jadwal,” ucap Romi, Presiden Direktur Sevent Event selaku organisator acara kepada Mobil123.com via pesan singkat pada Rabu (4/3/2020).

Ia mengatakan Gaikindo pun tidak menginstruksikan agar GIICOMVEC berhenti. Instruksi malah sebaliknya.

“Instruksinya jalan terus. Persiapan 90 persen dan sore ini kami gladi resik untuk seremoni pembukaan,” papar Romi.

Alat Pendeteksi Demam
Penyelenggara sendiri melakukan beberapa hal sebagai upaya pencegahan infeksi virus Corona. Pertama adalah menyiapkan cairan pembersih tangan di beberapa titik.

“Pendeteksi panas (demam) juga kami siapkan. Pokoknya kami lakukan yang terbaik untuk semua. Sampai saat ini, Menteri Perindustrian dan Perhubungan masih mengonfirmasi membuka acara besok,” tutup Romi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar