Bus Tayo Ikut Mejeng dalam Pameran Mobil Niaga di Senayan

Berita Otomotif

Bus Tayo Ikut Mejeng dalam Pameran Mobil Niaga di Senayan

JAKARTA – Pameran mobil niaga nasional di Senayan bertajuk GIICOMVEC 2020, yang sedang berlangsung pada 5 – 8 Maret di Senayan, Jakarta ternyata tak melulu berisi truk dan bus bertampang sangar dan serius. Di antara produk-produk itu terselip bus Tayo yang dipajang di booth Hino.

Seperti tokoh di film animasinya, bus Tayo di GIICOMVEC 2020 juga berwarna biru gelap. Di bodi sampingnya tertera dua tulisan yaitu ‘Trans Tangerang Ayo’ dan ‘Tayo’ yang menjadi singkatannya.

Berdasarkan pengamatan Mobil123.com, ada 27 kursi penumpang berwarna sama dengan bodi bus di dalam kabin. Sebagian besar kursi disusun menyamping di kiri maupun kanan.

Sisanya diletakkan di barisan paling belakang, menghadap ke kaca depan. Ada pula belasan pegangan tangan di sisi kiri maupun kanan untuk penumpang yang berdiri.

Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi PT. Hino Motor Sales Indonesia, menjelaskan bahwa bus tersebut merupakan pesanan khusus dari Pemerintah Provinsi Tangerang. Mereka memesan 20 unit bus dengan desain tokoh kartun yang amat digandrungi oleh anak-anak tersebut.

“Di Tangerang, bus ini digunakan sebagai BRT (Bus Rapid Transit),” ucap dia ketika diwawancarai di sela-sela pameran.

Sasisnya, lanjut Santiko, menggunakan Hino FB 130. Sasis ini jugalah yang dipakai oleh bus bandros di Bandung.

“Bus Tayo ini adalah hasil karya Walikota Tangerang Pak Arief (Red: Arief Rachadiono Wismansyah). Dia yang ingin membuatnya seperti ini, kemudian kami fasilitasi dan dibuat di karoseri dengan sasis medium bus kami,” paparnya.

Sistem penggeraknya mengandalkan mesin turbo intercooler Hino berkode W04D-TN dengan gelontoran daya hampir 130 hp dan torsi 362,8 Nm. Bus Tayo ala Tangerang dilengkapi double acting shock absorber serta stabilizer yang didesain khusus untuk suspensi bus.

Ban yang dipakai memiliki jejak lebih lebar. Efeknya, pengendalian (handling) kendaraan pun menjadi lebih stabil.

Jarak sumbu roda mencapai 3.780 mm, dengan panjang total sasis 7.045 mm. Gross Vehicle Weight (GVW) dari bus ini adalah 8.000 mm. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar