Valentino Rossi Pensiun dari MotoGP, Kewalahan Bersaing dengan Pembalap Muda

Berita Otomotif

Valentino Rossi Pensiun dari MotoGP, Kewalahan Bersaing dengan Pembalap Muda

JAKARTA – Valentino Rossi akhirnya mengumumkan bakal pensiun pada akhir musim MotoGP 2021.

Bertempat di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, pembalap asal Italia tersebut mengutarakan niatnya untuk berhenti dari kejuaraan yang telah mengorbitkan namanya selama ini.

Pembalap yang saat ini membela tim Petronas Yamaha tersebut mengakui keputusan yang diambil bukanlah hal yang mudah. Namun, perjalanan panjangnya sebagai pembalap tidak dipungkiri menjadi momen yang menyenangkan.

“Saya memutuskan untuk berhenti pada akhir musim ini. Ini adalah momen yang sangat menyedihkan dan tidak mudah untuk mengetahui di mana saya tidak lagi di sini musim depan,” ucapnya dalam sesi jumpa pers, Kamis (05/08).

Pembalap berjuluk The Doctor ini mengalami musim yang sulit belakangan ini. Bahkan setelah memutuskan tidak lagi membela tim pabrikan, posisinya semakin sulit.

Dalam beberapa kesempatan, Rossi terlihat kewalahan untuk bisa bersaing dengan talenta-talenta muda di MotoGP. Terlebih motor yang digunakan banyak menemui masalah dan membuatnya gagal finish.
Rossi Pensiun

Keterpurukkan pembalap berumur 42 tahun tersebut sebenarnya sudah mulai terlihat saat dirinya memutuskan pindah ke tim Ducati. Bersama tim asal Bologna, Italia, Ia kesulitan beradaptasi hingga akhirnya kembali ke pelukan Yamaha.

Kali keduanya bersama Yamaha, Ia merasakan masih mempunyai asa untuk menggenapi gelar Juara Dunia menjadi 10 kali. Namun hal tersebut tidak kunjung terwujud dan kemampuannya semakin merosot.

Seiring dengan menurunnya performa, Rossi mulai sering menahan keputusan untuk memperpanjang kontrak. Alasannya, Ia tidak ingin mengambil keputusan tergesa-gesa yang akan berujung penyesalan.

Namun, dari paddock sebelah, pemuda bernama Fabio Quartararo yang menggunakan motor Yamaha tahun lalu semakin bersinar. Pada akhirnya prestasi talenta muda tersebut secara tidak langsung membuat Rossi tersingkir.

Banyak pihak menduga akhir musim MotoGP 2020 adalah perjalanan terakhir Rossi. Namun sang pembalap masih percaya akan talentanya dan juga mendapat dukungan dari orang terdekat.
Rossi Resmi Pensiun

Rossi seolah dititipkan di tim satelit Petronas dengan iming-iming tetap menggunakan motor yang sama dengan pabrikan. Sayangnya meskipun menggunakan motor sama, hanya Quartararo yang mampu berbicara banyak bersama Yamaha YZR-M1.

Rossi hingga usai paruh pertama MotoGP 2021 menempati urutan 19 di klasemen sementara. Ini adalah rekor catatan terburuk dari pemegang gelar Juara Dunia MotoGP tujuh kali.

Apakah Rossi akan melanjutkan karirnya atau benar-benar pensiun dari hingar bingar balapan? Semuanya masih simpang siur dan menjadi perbincangan hangat. [Dew/Ses]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar