Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Uniknya Mitsubishi MI-Tech Concept, Bisa 'Minum' Alkohol atau Minyak Tanah

Berita Otomotif

Uniknya Mitsubishi MI-Tech Concept, Bisa 'Minum' Alkohol atau Minyak Tanah

TOKYO - Mitsubishi MI-Tech Concept yang punya kemampuan sangat unik menjalani debut global di Tokyo Motor Show 2019, 23 Oktober hingga 4 November.

MI-Tech Concept adalah kendaraan berteknologi plug-in hybrid electric vehicle (PHEV). Artinya, mobil ini menggabungkan mesin pembakaran internal dengan motor penggerak listrik plus baterai yang bisa diisi dayanya dari sumber eksternal atau dari mesin.

Keunikan sudah langsung muncul saat membahas mesin pembakaran internal MI-Tech Concept. Pasalnya, menurut keterangan resmi Mitsubishi yang diterima Mobil123.com, mobil ini mengganti mesin bensin tradisional dengan mesin turbin berukuran ringkas yang hanya berfungsi sebagai generator tenaga bagi baterai.

Meski ukurannya relatif kecil, tenaga yang keluar darinya diklaim mumpuni. Tak hanya itu, mesin turbin bisa diisi oleh bahan bakar minyak (BBM) beragam antara lain diesel, alkohol, hingga kerosin alias minyak tanah.

Ini membuatnya amat fleksibel dengan kondisi BBM di berbagai pasar negara-negara berkembang. Sistem pembuangannya pun diklaim masih dapat menghasilkan emisi yang ramah lingkungan yang makin menjadi tuntutan global.

Kendaraan purwarupa ini sendiri merupakan sport utility vehicle (SUV) berdimensi kecil dengan yang terinspirasi dari mobil buggy. Mitsubishi membenamkan sistem penggerak S-AWC (Super - All Wheel Control) Integrated Vehicle Dynamics Control System plus Dual-Motor Active Yaw Control di depan maupun belakang.

Teknologi canggih juga terdapat pada sistem bantuan pengemudian serta sistem keselamatan. Mi-Tech Concept dipersenjatai Antarmuka Manusia dengan Mesin (Human Machine Interface) yang menunjukkan bermacam informasi hasil deteksi sistem. Lebih mencengangkan lagi, kondisi kendaraan, jalan, hingga lalu lintas sekitar ditampakkan kepada pengemudi lewat kaca depan berteknologi augmented reality (AR).

Dengan begitu, pengemudi dapat membuat keputusan lebih akurat bahkan ketika jarak pandang ke luar sedang buruk. Masih ada lagi MI-Pilot, sistem bantuan pengemudian generasi selanjutnya dari Mitsubishi.

Di Tokyo Motor Show 2019, Mitsubishi masih mempunyai beberapa ‘pertunjukan’. Seperti misalnya debut global Super Height K-Wagon Concept serta debut Jepang bagi Engelberg Tourer Concept.

Secara desain, MI-Tech Concept memperlihatkan grille depan Dynamic Shield dan mata menyipit yang khas. Akan tetapi, grille depan Dynamic Shield terebut merupakan interpretasi baru yang agak berbeda dari model-model terkini mereka. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang