Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Vios Terbaru Pakai Platform Milik Daihatsu, Mau ada Kembarannya?

Berita Otomotif

Toyota Vios Terbaru Pakai Platform Milik Daihatsu, Mau ada Kembarannya?

JAKARTA – Alasan Toyota Vios generasi terbaru menggunakan platform dari Daihatsu terungkap.

All New Vios, yang mengaspal di Indonesia pada Rabu (12/10/2022), dibangun di atas platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Padahal, Toyota punya platform termutakhir mereka sendiri yaitu Toyota New Global Architecture (TNGA).

Marketing Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy menjelaskan kalau Toyota dan Daihatsu merupakan satu ‘tim’. Jadi, pemanfaatan platform Daihatsu tersebut merupakan hal lumrah.

“Kalau di Toyota, kami tidak memperdebatkan lagi masalah DNGA atau TNGA karena Daihatsu sebagai korporasi sebenarnya sudah lebur menjadi satu di TMC (Toyota Motor Corporation) dan dalam melakukan pengembangan kami tidak terlalu membedakan lagi apakah itu mesin Daihatsu dan Toyota karena satu ‘tim’,” papar dia merespons pertanyaan Mobil123.com dalam konferensi pers virtual.

Anton lalu menegaskan kalau Vios generasi baru tidak akan memiliki ‘kembaran’ di Daihatsu.

Sekadar mengingatkan, tukar-menukar platform hingga mesin kerap terjadi di berbagai model ‘kembar’ dari Toyota serta Daihatsu. Ada lima produk di Indonesia yang bisa menjadi contoh nyata yakni Avanza-Xenia, Rush-Terios, Agya-Aya, Calya-Sigra, Raize-Rocky.

“Vios ini khusus dikembangkan untuk Toyota, ya. Jadi, tidak ada produk dari Daihatsu-nya,” akunya.

Keunggulan Platform DNGA Toyota Vios

Menurut Anton, penggunaan platform DNGA dilakukan untuk meningkatkan berbagai aspek dari Vios generasi keempat. Misalnya dari sisi berat.

"Berat dari platformnya berkurang. Pastinya ini juga akan menambah terutama keiritan bahan bakar juga dan keseluruhan (bobot) mobilnya lebih ringan,” pungkas dia.

DNGA pun disebut membuat rigiditas bodi All New Vios lebih baik. Ini berdampak pada rasa berkendara.

“Terasa sekali (perbedaan) pada suspensi dan handling-nya yang juga lebih meningkat dibandingkan sebelumnya,” klaim Anton.

Keunggulan terakhir, menurutnya, adalah peningkatan dari sisi keamanan (safety).

All New Vios dijual di Indonesia dengan harga on the road (OTR) Jakarta Rp314,9-368,4 juta. Desain eksterior-interior, mesin 1.5-liternya, maupun fiturnya juga baru.

Adapun daftar fitur anyar pada Vios termutakhir antara lain ialah Head Unit 9 Inci dengan Android Auto dan Apple CarPlay, meter cluster TFT 7 Inci dengan Digital LED Speedometer dan MID, Electric Parking Brake, Brake Auto Hold, Air Purifier.

Ada pula teknologi Toyota Safety Sense yang berisikan fitur Adaptive Cruise Control, Pre-Collision Warning & Pre-Collision Braking, Front Departure Alert, Lane Departure Warning & Lane Departure Prevention, Pedal Misoperation Control, Automatic High Beam. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang