Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Vios Diterpa Isu Setop Produksi, Toyota Tegaskan akan Terus Menjualnya

Berita Otomotif

Vios Diterpa Isu Setop Produksi, Toyota Tegaskan akan Terus Menjualnya

TANGERANG – Toyota memastikan penjualan Vios di pasar Indonesia masih ada akan terus berlangsung, di tengah terpaan isu penyetopan produksinya.

Kabar burung terkait disetopnya produksi Vios di pabrik Toyota Indonesia muncul sejak awal Agustus 2022. Pemicunya ketika itu adalah unggahan video akun Instagram @mobilgue yang menurut pantauan terakhir pada Jumat (26/8/2022) pagi sudah dihapus

Sekadar mengingatkan, video ‘Sayonara Vios’ di akun Instagram @mobilgue memperlihatkan sekumpulan karyawan pabrik sedang memegang huruf-huruf yang membentuk dua kata: ‘Sayonara Vios’.

“Terima kasih Vios, telah menjadi bagian dari sejarah sukses berdirinya Plant 2!,” teriak para karyawan itu.

Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam, sewaktu dimintai konfirmasi pada awal bulan ini, menolak menjelaskan duduk perkaranya. Ia masih bersikap demikian saat ditemui di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

“Tunggu pengumuman. Nanti, ada waktunya untuk diumumkan lanjut atau enggak… Nanti saja, tunggu saja pada hari-H,” ujar Bob meladeni pertanyaan Mobil123.com di sela-sela pameran yang berlangsung pada 11-21 Agustus kemarin di Serpong, Tangerang ini.

Toyota Vios sendiri baru saja mendapatkan penyegaran model total. Generasi terbaru sedan Toyota ini menggunakan platform Daihatsu Next Global Architecture (DNGA) serta menjalani debut global di Thailand pada permulaan Agustus 2022.

Platform tersebut, di pasar Indonesia, sudah digunakan antara lain oleh Toyota Raize, Daihatsu Rocky, maupun All New Toyota Avanza. Ketiganya sama-sama dirakit di pabrik PT. Astra Daihatsu Motor (ADM).

Lebih lanjut, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy menegaskan Vios masih ditawarkan oleh mereka selaku agen pemegang merek. Tidak ada rencana diskontinu penjualan, termasuk untuk model barunya kelak.

“Apakah itu model yang sekarang atau pun yang barunya nanti, kami akan tetap menjualnya,” tegas Anton yang juga diwawancarai ketika menghadiri GIIAS 2022.

Sebagai informasi, Vios merupakan sedan entry-level alias yang termurah dari Toyota.

Harganya, sejak pertengahan Oktober 2021, menurun berkat penerapan skema pajak baru yang tidak lagi didasarkan atas jenis kendaraan (sedan dengan non-sedan) maupun sistem penggerak roda (penggerak dua roda atau empat roda) melainkan berbasis emisi gas buang.

Harga on the road (OTR) Jakarta Vios per Agustus 2022 dimulai dari Rp293,7 juta hingga Rp325,7 juta. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang