Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Vios Hybrid Mau Dijual di Indonesia, Lagi Tunggu Jawaban Jepang

Berita Otomotif

Toyota Vios Hybrid Mau Dijual di Indonesia, Lagi Tunggu Jawaban Jepang

JAKARTA – Toyota mengakui adanya keinginan menjual berbagai model hybrid di Indonesia. Tak terkecuali untuk sedan Toyota Vios hybrid.

Di sela-sela peluncuran All New Vios, Marketing Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy menegaskan tren pasar otomotif Indonesia ke depan adalah kendaraan elektrifikasi. Termasuk di antaranya adalah mobil hybrid.

Agen pemegang merek (APM) Toyota di Tanah Air itu, menurut dia, sedang mempelajari potensi menjual beragam model hybrid. Termasuk All New Vios hybrid.

Bahkan, TAM ia sebut sudah memintanya kepada prinsipal Toyota di Jepang.

“Kami juga sedang studi untuk ke depannya dan kami terus minta ke prinsipal juga untuk memperkenalkan model-model hybrid. Termasuk (versi hybrid) Vios ini, ya. Jadi, kami sedang menunggu respons dan balasan dari prinsipal,” beber Anton dalam konferensi pers virtual, 12 Oktober 2022 kemarin.

“Saat ini, posisi kami adalah menunggu,” lanjutnya.

All New Vios yang belum sepekan mengaspal di sini bukan lagi produk rakitan lokal. Statusnya sudah dialihkan menjadi produk impor utuh (Completely Built Up/CBU) dari Thailand.

Menurut Anton, kapasitas produksi untuk generasi keempat dari sedan entry-level Toyota itu di pabrik PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Karawang, Jawa Barat dialihkan kepada Toyota Veloz. Soalnya, permintaan terhadap Veloz baik dari pasar domestik maupun pasar ekspor diproyeksikan meningkat.

All New Vios untuk pasar Indonesia mengusung mesin bensin 2NR-VE 1.5-liter. Tenaganya turun dari 107 hp ke 104 hp, demikian pula dengan torsinya yang berkurang dari 140 Nm ke 138 Nm.

Sebagai padanannya, diberikan transmisi manual atau otomatis Continuously Variable Timing (CVT). Efek positif dari perubahan tersebut adalah peningkatan efisiensi bahan bakar minyak (BBM) yang sekarang diklaim bisa mencapai lebih dari 20 km per liter, dari kisaran 17 km per liter pada generasi terdahulu.

Selain karena perubahan pada dapur pacu plus girboks, konsumsi BBM yang makin hemat pada All New Vios juga karena pemakaian platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Platform termutakhir milik Daihatsu tersebut punya bobot lebih ringan dibandingkan platform Vios yang lama, sekaligus lebih rigid.

Fitur-fitur All New Vios juga makin modern dan canggih. Salah satunya adalah teknologi bantuan pengemudian aktif Toyota Safety Sense (TSS). [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang