Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

‘Mengalah’ pada Veloz, Vios untuk Indonesia Kini Diimpor dari Thailand

Berita Otomotif

‘Mengalah’ pada Veloz, Vios untuk Indonesia Kini Diimpor dari Thailand

JAKARTA – Toyota Vios generasi terbaru yang dijual di Indonesia bukan lagi rakitan lokal, melainkan diimpor dari Thailand. Sedan ini mesti ‘mengalah’ pada Toyota Veloz.

All New Vios resmi mengaspal di Tanah Air pada Rabu (12/10/2022). Sebelumnya, sejak permulaan Agustus kemarin, beredar isu penyetopan produksi sedan entry-level tersebut di pabrik PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Terkait hal itu, Marketing Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy menyatakan bahwa Vios generasi keempat yang resmi diluncurkan dan dijual mulai hari ini memang diimpor utuh (Completely Built Up/CBU) dari Thailand, bukan lagi rakitan Indonesia.

Pabrik Toyota di Indonesia ia akui memang telah berhenti memproduksi Vios. Kapasitas produksi yang lowong bakal digunakan untuk memperbanyak produksi Veloz.

“Memang sekarang ada peningkatan produksi di TMMIN, khususnya untuk Veloz. Veloz mengalami peningkatan produksi dan volume yang dirasakan cukup tinggi dan itu, sekali lagi, tidak hanya untuk pasar domestik melainkan juga untuk ekspor,” papar Anton.

Sekadar mengingatkan, Veloz yang sekarang dijual di Indonesia merupakan generasi baru. Peluncurannya berlangsung pada November 2021 silam.

Veloz, yang dahulu merupakan tipe tertinggi dari Avanza, kini dipisahkan menjadi sebuah model yang terpisah. Lokasi produksinya juga dipisahkan dari Avanza yang masih dirakit di pabrik PT. Astra Daihatsu Motor (ADM).

Lebih lanjut, Anton menyebut kebijakan Toyota mengalihkan status Vios dari model rakitan lokal menjadi produk impor CBU merupakan hasil konsolidasi dari basis-basis produksi jenama tersebut di Asia Tenggara (ASEAN).

“(Pabrik Toyota di) Indonesia dan Thailand, masing-masing sebagai basis produksi di ASEAN, pasti akan membuat konsolidasi dari strategi produksi masing-masing. Jadi, dengan adanya beberapa pergerakan produksi di plant 2 TMMIN, Vios (untuk Indonesia) sekarang diproduksi di Thailand,” terang dia.

All New Vios mengalami perombakan dari berbagai aspek. Platformnya, misalnya, sekarang menggunakan milik Daihatsu (Daihatsu New Global Architecture/DNGA).

Lalu, Vios generasi keempat sekarang juga mempunyai teknologi Toyota Safety Sense (TSS). Di dalamnya ada fitur Adaptive Cruise Control, Pre-Collision Warning & Pre-Collision Braking, Front Departure Alert, Lane Departure Warning & Lane Departure Prevention, Pedal Misoperation Control, Automatic High Beam.

Vios dijual seharga Rp314,9-368,4 juta on the road (OTR) Jakarta. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang