Toyota Yakin Avanza Bisa Terus Ungguli Xpander Hingga Akhir 2019

Berita Otomotif

Toyota Yakin Avanza Bisa Terus Ungguli Xpander Hingga Akhir 2019

JAKARTA - Toyota percaya diri low multi purpose vehicle (LMPV) mereka, Avanza, bisa terus berada di depan pesaing utama yaitu Mitsubishi Xpander sampai akhir 2019.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), meyakini tulang punggung penjualan utama mereka itu bisa kembali menjadi LMPV sekaligus mobil penumpang terlaris Indonesia saat tutup tahun nanti. Optimisme ini didasari tren dan performa penjualan Avanza hingga enam bulan pertama 2019.

“Secara realistis Avanza seharusnya bisa mempertahankan posisi, ya,” ucap dia merespons pertanyaan Mobil123.com usai konferensi pers Toyota mengenai GIIAS 2019 pada Selasa (9/7/2019) di Jakarta.

 Sepanjang semester satu 2019 penjualan Avanza memang mengalahkan Xpander, baik secara wholesales (dari pabrik ke dealer) maupun retail (dari dealer ke konsumen). Ini berbeda dari tahun lalu, saat Xpander mampu mengungguli Avanza selama sembilan bulan pertama, sebelum akhirnya kembali di salip oleh pionir segmen LMPV tersebut mulai bulan ke-10 hingga seterusnya.

Anton sendiri melihat penyegaran model Avanza pada Januari 2019 turut berperan dalam torehan penjualannya selama setengah tahun. Selain itu, ia mengklaim produk ini masih dianggap memberikan value for money kepada konsumen.

“Jadi sedikit-banyak saya rasa kekuatan Avanza yang value for money, ditambah dengan minor change itu juga membantu untuk mempertahankan posisi dia di nomor satu,” tandasnya.

Mitsubishi sendiri kini sedang gencar menggelar kampanye ‘Xpander Pinter Bener’. Ini adalah strategi merek berlogo tiga berlian tersebut untuk menunjukkan Xpander sebagai mobil fungsional dengan cost of ownership rendah, demi mendorong penjualannya.

Anton, ketika dimintai tanggapan, mewajari ‘jurus’ yang dirapal oleh Mitsubishi untuk Xpander. Menurutnya, segmen LMPV memang terdiri dari para konsumen fungsional yang membeli dengan pertimbangan rasional maupun konsumen-konsumen emosional yang membeli karena tergiur tampilan serta tren.

“Jadi memang harus memenuhi kebutuhan dua ini baik secara produk maupun non-produk. Persoalan servis dan suku cadang juga sangat menjadi pertimbangan karena memang segmen ini tidak hanya digunakan untuk retail tapi juga fleet dan company,” tukasnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support