Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Baru 4 Pemesan yang Sudah Bisa Ngebut Bersama Toyota Supra

Berita Otomotif

Baru 4 Pemesan yang Sudah Bisa Ngebut Bersama Toyota Supra

JAKARTA - Toyota sudah mengirimkan sebagian jatah Toyota Supra untuk Indonesia kepada para pembelinya.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan bahwa sejauh ini pihaknya telah mendistribusikan empat unit Supra. Adapun kuota tahun ini untuk Indonesia adalah 12 unit dan seluruhnya sudah dipesan.

“Oktober kemarin, kalau enggak salah, sudah kami kirim empat,” ucapnya di sela-sela Toyota Fun/Code pada Minggu (3/11/2019) di Ancol, Jakarta.

Sekadar mengingatkan, Supra mengaspal di Tanah Air dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 pada akhir Juli kemarin. Adapun harganya hampir menyentuh Rp 2 miliar on-the-road.

Menurut Anton, pada awalnya pasar otomotif Nusantara cuma mendapatkan jatah empat unit. Namun kemudian TAM sebagai agen pemegang merek mencoba melakukan negosiasi dan mendapatkan tambahan delapan unit sehingga jumlah totalnya menjadi 12 unit.

“Kami menargetkan delapan unit itu datang ke Indonesia pada Desember. Jadi Desember atau paling lambat Januari 2020 kami kirim ke konsumen,” tukas dia lagi.

Toyota kini juga sedang meminta kuota untuk tahun depan. Jumlahnya sendiri belum dapat dipastikan.

Pada saat bersamaan, dealer-dealer Toyota menghubungi orang-orang yang tertarik untuk membeli Supra tapi tidak kebagian jatah untuk tahun ini.

“Kami sedang konfirmasi lagi. Sebagian mungkin tunggu, sebagian mungkin enggak. Saya lagi menunggu kepastiannya. Lagi dikonfirmasi oleh dealer. Pada dasarnya, konsumen, kan, belum memesan kalau kepastian unit belum ada. Kepastian baru 12 unit (tahun ini) dan karena itu Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) 12 unit juga. Animonya sih lebih dari itu,” papar Anton.

Supra kini sudah memasuki generasi kelima. Pada generasi keempat, Supra sempat mati suri akibat keputusan Toyota memberhentikan produksinya pada 2002 silam.

Pabrikan otomotif terbesar sejagad itu lalu memutuskan untuk membuat generasi kelima melalui kerja sama pengembangan dengan BMW. Karena itulah, Supra berbagi komponen dengan BMW Z4.

Debut global Supra termutakhir sendiri berlangsung pada 2018. Mobil sport ikonik ini menyandang mesin 3.0-liter turbocharged enam silinder segaris yang disuplai BMW. Hanya ada satu pilihan transmisi yakni otomatis delapan percepatan. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang