Toyota Indonesia: Supra Akan Jadi Mobil Pertama yang Diimpor dari Eropa

Berita Otomotif

Toyota Indonesia: Supra Akan Jadi Mobil Pertama yang Diimpor dari Eropa

JAKARTA - Toyota Supra generasi terbaru, saat meluncur nanti, bakal membuat satu sejarah baru bagi agen pemegang merek tersebut di Indonesia.

Supra termutakhir hanya dibuat di Austria. Tidak ada pabrik lain di dunia ini yang memproduksinya.

Model tersebut sudah digaransi mengaspal di Indonesia pada suatu waktu di 2019 dan Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan bahwa ini merupakan impor unit utuh (Completely Built-Up) terjauh yang pernah mereka lakukan selama berbisnis di Indonesia. Selama ini belum ada satu model pun yang didatangkan dari ‘Benua Biru’.

“Kita, kan, selama ini impornya dari Thailand dan paling jauh dari Jepang. Jadi ini pertama kali juga buat kami mengimpor dari Eropa,” tandasnya ketika diwawancarai usai Buka Puasa Bersama Media Massa belum lama ini di Jakarta.

Di luar dua negara yang tadi disebut, Toyota, menurut Anton, pernah juga mengimpor CBU dari Australia. Akan tetapi, secara geografis, letak ‘Negeri Kangguru’ pun cukup dekat dengan Tanah Air.

“Kali ini benar-benar jauh dan produsennya juga unik. Bukan pabrik Toyota, bukan pabrik BMW, tapi ini Magna Steyr,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Supra adalah mobil sport ikonik Toyota yang sudah lama ‘mati suri’. Pabrikan otomotif asal Jepang itu lalu menghidupkannya kembali, dengan debut global berlangsung pada awal 2019.

Mobil ini sendiri ‘diberi napas’ lagi lewat kolaborasi antara Toyota dengan BMW. Karena itu, Supra bersaudara dengan BMW Z4 yang sudah terlebih dahulu mengaspal di Nusantara pada 25 April kemarin dengan harga off-the-road Rp 1,459 miliar.

Z4 hanya tersedia 20 unit di Indonesia. Toyota, di sisi lain, telah mengatakan bahwa Supra pun bakal dirilis dengan kuota tertentu karena pembatasan impor dan jumlahnya masih terus dikoordinasikan dengan pemerintah.

Toyota membuka pula kemungkinan harga Supra lebih mahal dari Z4. Ini karena spesifikasi mesinnya nanti adalah 3.0-liter, berbeda dengan sang kerabat yang 2.0-liter TwinPower Turbo. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support