Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Raize, SUV Compact 5 Penumpang Rp 200 Juta-an

Berita Otomotif

Toyota Raize, SUV Compact 5 Penumpang Rp 200 Juta-an

JAKARTA - Toyota Indonesia masih amat tertutup ketika ditanyakan apakah Raize, SUV compact seharga Rp 200 juta-an di Jepang, masuk dalam rencana produk masa depan mereka atau tidak.

Sekadar mengingatkan, Raize merupakan sport utility vehicle (SUV) compact lima penumpang yang Toyota perkenalkan dalam Tokyo Motor Show (TMS) 2019 pada akhir Oktober hingga 4 November kemarin. Raize merupakan ‘saudara’ dari Daihatsu Rocky karena dikembangkan bersama-sama oleh kedua pabrikan.

Sayangnya, Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM) masih tutup mulut mengenainya. Dia mengaku tidak bisa berkomentar dan memberikan pernyataan seputar perencanaan produk masa depan.

“Segmen apa pun dan kondisi pasar apa pun di Indonesia selalu kami monitor. Enggak cuma segmen SUV compact, semua kami pantau. Bagaimana pergerakan pasar, permintaan konsumen, produk dari kompetitor,” paparnya saat diwawancarai akhir pekan lalu di Ancol, Jakarta.

Anton menerangkan bahwa peluncuran produk tak hanya tergantung TAM selaku agen pemegang merek tapi juga prinsipal mereka di ‘Negeri Sakura’.

“Prinsipal juga sama dengan kami, lagi mempelajari semua kemungkinan pasar Indonesia butuh produk apa ke depannya dan strategi itu tidak hanya masalah produk tapi bagaimana produksinya,” pungkas dia lagi.

Raize sendiri, berdasarkan keterangan di situs resmi Toyota Motor Corporation, sejauh ini baru dipastikan dijual di Jepang mulai 5 November. Panjangnya tak sampai empat meter, tepatnya 3.995 mm, dengan lebar 1.695 mm. Bemper depan serta fendernya cukup terlihat menonjol ditambah pelek 1 inchi.

Mobil ini dibangun di atas platform Daihatsu Next Generation Architecture (DNGA). Kapasitas bagasi jika kursi baris kedua ditegakkan adalah 303 liter dan dapat ditingkatkan menjadi 369 liter dengan merebahkannya.

Mesinnya berkapasitas 1.0-liter turbo yang menggelontorkan tenaga setara 1.5-liter. Daya dari mesin disalurkan melalui transmisi otomatis D-CVT.

Fitur-fitur Raize sendiri cukup impresif. Ada Smart Assist yang terdiri dari Adaptive Cruise Control with All Speed Tracking, Smart Panorama Parking Assist, Collision Warning Function, Crash Avoidance Braking Function, The Erroneous Start Prevention Function.

Untuk hiburan, terdapat layar 9 inchi dengan SmartDeviceLinkTM and Apple CarPlay. Banderolnya di Jepang dimulai dari 1.679.000 yen (Rp 217 juta-an) sampai 2.282.200 yen (Rp 294 juta-an). [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang