Daihatsu Rocky akan Kembali Namun dengan Model Berbeda

Mobil Baru

Daihatsu Rocky akan Kembali Namun dengan Model Berbeda

TOKYO - Daihatsu Rocky diperkenalkan di Tokyo Motor Show (TMS) 2019. Bukan seperti versi lama, SUV kompak ini justru berpotensi buat pasar baru di Indonesia.

Selain menampilkan kwartet mobil konsep, Daihatsu Motor Corporation (DMC) juga punya SUV andalan baru dan siap dijual di Jepang. Daihatsu Rocky sendiri merupakan buah kolaborasi Daihatsu dengan Toyota, versi kembarannya bernama Toyota Rise. Boleh dibilang keduanya adalah adik kembar dari Rush-Terios.

"Iya kolaborasi tapi memang ada perbedaan-perbedaan di bagian wajahnya atau di beberapa titik,” ucap Katsumi Marutani, Operating Officer DNGA Business Unit, R&D Connect Group Chief Officer Daihatsu Motor Corporation (DMC).

Secara umum punya dimensi yang kompak, dengan paduan aura sporty dan elegan. Tarikan garisnya garisnya sepintas mirip SUV-SUV buatan Hyundai yang berkiblat dengan gaya Eropa.

Rocky memiliki dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.620 mm. Sementara jarak sumbu rodanya sebesar 2.525 mm serta secara total memiliki bobot tidak lebih dari 1 ton atau tepatnya 980 kg.

Nuansa kompak dan juga sporty juga mengalir deras ke dalam interior. Tampak dari dominasi warna hitam, jok semi bucket, lingkar kemudi dengan sistem kontrol juga meter clusternya.

Dari sektor sumber tenaga, DMC mengakui akan melengkapi Rocky dengan 2 pilihan mesin. Masing-masing berkapasitas 1.0-liter turbo dan juga 1.2 liter.

Di TMS 2019, keterangan spesfikasi hanya ada pada mesin 1.0-liter turbo. Di mana memiliki tenaga sebesar 96 hp dan torsi 140 Nm.

Pertanyaan yang selanjutnya terlontar adalah, akankan Rocky bakal segera dijual di Indonesia ?. Soichiro Okudaira, Presdir Daihatsu Motor Co. Japan menegaskan bahwa ada kemungkinan Rocky akan dijual di Tanah Air.

"Daihatsu Indonesia salah satu tempat yang menjadi studi Rocky. Soal waktunya kami tak bisa mengungkapkannya dengan jelas," jelas Soichiro.

Astra Daihatsu Motor (ADM) sendiri sudah melakukan pengujian mesin 1.0-liter turbo di Indonesia. Hanya saja Amelia Tjandra, Direktur Marketing ADM belum dapat merinci lebih lanjut.

Di lain sisi, untuk penggunaan mesin 1.2-liter, ADM sudah punya pengalaman yang cukup kuat. Karena telah dihadirkan melalui proyek kolaborasinya dengan Toyota yakni Calya-Sigra.

Di Jepang sendiri, DMC belum memutuskan secara pasti kapan Rocky akan benar-benar resmi di pasarkan di Jepang.

"Masih rahasia ya," kata Soichiro sambil terkekeh ringan. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support