Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Jangan Sedih, Toyota Yaris Terbaru di Jepang Bukan untuk Pasar Indonesia

Berita Otomotif

Jangan Sedih, Toyota Yaris Terbaru di Jepang Bukan untuk Pasar Indonesia

JAKARTA - Toyota Yaris terbaru yang belum lama meluncur di Jepang dipastikan tidak akan meluncur di Indonesia.

Toyota Yaris generasi terbaru menjalani debut global di ‘Negeri Sakura’ pada 16 Oktober dan turut tampil dalam Tokyo Motor Show (TMS) 2019 yang digelar pada 23 Oktober - 4 November ini. Dalam pameran yang sama, saingan Yaris yaitu All-New Honda Jazz juga unjuk diri.

Sayangnya, All-New Yaris di TMS 2019 tidak bakal terlihat di pasar otomotif Tanah Air. Hal tersebut dipastikan oleh Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM).

Menurut Anton, di pasar global, Toyota punya tiga versi model Yaris yang berbeda bagi tiga region. Region-region itu adalah Jepang plus Eropa, Amerika Serikat, serta Asia selain Jepang.

"Ketiganya beda. Jadi kalau Yaris yang kemarin Jepang, ya, itu untuk Jepang. bukan untuk Indonesia. Pasti tidak kami perkenalkan di sini. Yaris bagi Indonesia sudah punya platformnya sendiri untuk saat ini,” tegas Anton di sela-sela babak final Toyota Fun/Code 2019 pada Minggu (3/11/2019) di Ancol, Jakarta.

All-New Yaris di Jepang akan mulai dijual pada Februari 2020. Hatchback tersebut sudah menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang sebelumnya sudah terdapat antara lain di C-HR dan All-New Corolla Altis.

Platform anyar membuatnya struktur bodi lebih rigid tapi dengan bobot yang berkurang hingga 50 kg. Panjangnya mencapai 3.940 mm dengan lebar 1.695 mm, tinggi 1.490 mm, dan jarak sumbu roda 2.550 mm.

Secara dimensi, panjangnya dikurangi 5 mm ketimbang generasi terdahulu. Tingginya pun direduksi sampai 40 mm. Akan tetapi, ada penambahan lebar 50 mm serta penambahan sumbu roda 50 mm.

Ada tiga tipe mesin berbeda yang ditawarkan bagi para konsumen di ‘rumah sendiri’. Untuk mesin bensin, terdapat yang berkapasitasn 1.5-liter serta 1.0-liter. Ada pula pilihan mesin hybrid 1.5-liter.

Satu aspek paling ciamik bagi All-New Yaris bagi pasar Jepang dan Eropa adalah penambahan fitur Toyota Safety Sense. Di antara teknologi-teknologi keselamatan aktif canggih yang disematkan ada Advanced Park, Intelligent Clearance Sonar, Blind Spot Monitoring System, Rear Cross Traffic Auto Brake. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang