Toyota Raize Rakitan Indonesia juga akan Diekspor ke Hampir 50 Negara

Berita Otomotif

Toyota Raize Rakitan Indonesia juga akan Diekspor ke Hampir 50 Negara

JAKARTA – Toyota Raize bukan hanya akan dirakit dan dijual di Indonesia. Model ini pun bakal diekspor ke puluhan negara.

Toyota dan Daihatsu, pada Rabu (28/4/2021), memperkenalkan Raize dan Rocky sebagai produk kolaborasi terbaru mereka di Indonesia. Dua model yang berbagi platform ini bakal sama – sama diproduksi di pabrik PT. Astra Daihatsu Motor (ADM).

Sebelum Raize – Rocky, sudah hadir empat produk kolaborasi kedua pabrikan. Semuanya juga dirakit di pabrik ADM.

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Ada Toyota Avanza – Daihatsu Xenia (2003), Toyota Rush – Daihatsu Terios (2006), Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla (2012), plus Astra Toyota Calya serta Astra Daihatsu Sigra. Seluruhnya merupakan mobil compact di berbagai segmen yang memiliki harga terjangkau.

Lebih lanjut, Yoichi Miyazaki selaku Chief Executive Officer Asia Region Toyota Motor Corporation membeberkan bahwa Raize tidak hanya akan meramaikan pasar otomotif Nusantara. Pasar ekspor pun siap dirambah oleh SUV compact tersebut.

“Di Indonesia, Raize bakal hadir melalui PT. Toyota Astra Motor (TAM) dan dealer – dealer resmi Toyota. Sebagai bagian penting dari strategi global Toyota Group, Raize juga akan diekspor ke hampir 50 negara di seluruh dunia,” ucap dia dalam konferensi pers virtual bertajuk ‘Kolaborasi Toyota dan Daihatsu: Sinergi untuk Negeri’ di YouTube Toyota Indonesia maupun Daihatsu Indonesia.

Toyota Raize

Toyota sendiri kini sudah mengekspor mobil rakitan Indonesia dalam bentuk utuh (Completely Built Up/CBU) ke lebih dari 80 negara. Belum diketahui, apakah ada penambahan negara tujuan ekspor baru dengan adanya Raize.

Mobil – mobil Toyota, yang di diproduksi lokal oleh PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) maupun ADM, sampai saat ini masih mendominasi ekspor CBU kendaraan bermotor roda empat.

“(Kontribusinya) lebih dari 60 persen dari total volume ekspor,” terang Djoni Bunarto Tjondro, Presiden Direktur PT. Astra International sebagai rekan joint venture kedua pabrikan tersebut di Tanah Air.

Pada Januari – Maret 2021, ekspor utuh (Completely Built Up/CBU) mobil bermerek Toyota mencapai 49.200 unit. Kontribusinya mencapai 62 persen dari total ekspor mobil selama kuartal pertama tahun ini. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar