5 Info Seputar Toyota Raize-Daihatsu Rocky yang Bocor Sebelum Peluncuran

Berita Otomotif

5 Info Seputar Toyota Raize-Daihatsu Rocky yang Bocor Sebelum Peluncuran

JAKARTA – Toyota Raize – Daihatsu Rocky merupakan dua calon mobil baru untuk pasar Indonesia. Meski belum meluncur, sudah ada cukup banyak informasi seputar keduanya yang bocor ke publik.

Sekadar mengingatkan, Raize dan Rocky adalah sport utility vehicle (SUV) kecil yang sama – sama menjalani debut global pada 2019 di Jepang. Sejak itu, keduanya diisukan akan pula meluncur di Indonesia.

Daihatsu Rocky

Pada 2021, rencana tersebut makin terlihat jelas. Dokumen – dokumen pemerintah mengungkap persiapan Toyota serta Daihatsu untuk memperkenalkan dan menjual duo Raize – Rocky di pasar otomotif Nusantara.

Ada hal-hal yang sudah diakui oleh Toyota atau pun Daihatsu, tapi ada pula yang mereka tolak tanggapi.

Toyota Raize

Berikut Mobil123.com rangkum informasi – informasi seputar Raize – Rocky yang sudah terbeberkan ke publik. Secara garis besar, ada lima hal yang bisa diketahui dari dokumen – dokumen pemerintah yang ada:

  1. Dapat Relaksasi PPnBM Mobil Baru

Raize – Rocky tercantum dalam Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 169 Tahun 2021. Di dalamnya antara lain memutuskan nama 21 model kendaraan yang memenuhi persyaratan untuk mendapat relaksasi PPnBM dari pemerintah mulai Maret – Desember 2021.

Dokumen ini juga menjadi bukti Raize – Rocky memang akan dibawa ke Indonesia.

  1. Meluncur Tahun Ini

Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor saat dihubungi Mobil123.com beberapa waktu lalu hanya mau mengakui Raize tercantum dalam Kepmenperin Nomor 169 Tahun 2021. Tapi ia menolak berkomentar lebih lanjut.

Amelia Tjandra selaku Direktur Pemasaran PT. Astra Daihatsu Motor, di sisi lain, sudah mengakui Rocky dijadwalkan mengaspal tahun ini.

  1. Sama-sama Diproduksi Daihatsu

Kepmenperin 169 Tahun 2021 menyebut Raize – Rocky sama-sama bakal diproduksi oleh pabrik Daihatsu di Tanah Air. Ini diakui Amelia Tjandra ketika Mobil123.com meminta konfirmasi.

  1. Harga Jual

Sebelum Kepmenperin 169 Tahun 2021 muncul, kode kendaraan yang diduga sebagai Raize – Rocky sudah terdata dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2021. Di regulasi tersebut, Nilai Jual Kendaraan Bermotor (harga off-the-road/sebelum pajak-pajak) model diduga Raize adalah Rp 146 – 198 juta, sementara model diduga Rocky Rp 130 – 168 juta. Toyota - Daihatsu hingga kini masih tutup suara ketika dimintai tanggapan mengenainya.

  1. Mesin dan Tipe untuk Pasar Indonesia

Permendagri Nomor 1 Tahun 2021 juga mencantumkan mesin serta tipe untuk model diduga Raize – Rocky untuk pasar Indonesia. Keduanya sama – sama memiliki opsi mesin bensin 1.0-liter turbo atau 1.2-liter serta tersedia dalam enam tipe. Baik Toyota dan Daihatsu sampai detik ini belum mau memberi komentar. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar