Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Mulai Kembangkan Hilux Bertenaga Hidrogen

Berita Otomotif

Toyota Mulai Kembangkan Hilux Bertenaga Hidrogen

BURNASTON – Toyota Motor Manufacturing UK (TMUK) mengumumkan akan memulai pengembangan prototipe Hilux bertenaga hidrogen (Fuel Cell Electric Vehicle/FCEV) setelah mendapat dukungan dana dari pemerintah Inggris.

Sebagaimana diberitakan Yorkshire Evening Post, Jumat (9/12/2022), jenama Jepang ini mendapatkan pendanaan sebesar 11,3 juta poundsterling atau setara Rp235 miliar. Setengah di antaranya berasal dari pemerintah Inggris.

Dana tersebut digunakan Toyota bersama empat rekan teknis yaitu Ricardo, ETL, D2H, dan Thatcham Research, dalam mengembangkan prototipe Hilux FCEV di pabriknya di Burnaston, Derbyshire, Inggris.

Teknologi sel bahan bakar hidrogen yang dikembangkan Toyota Inggris untuk Hilux menggunakan komponen yang digunakan pada Toyota Mirai, yang merupakan produk FCEV Toyota yang sudah dijual di Inggris.

Matt Harrison, President & Chief Executive Officer (CEO) Toyota Motor Europe, mengatakan pendanaan tersebut memberikan kesempatan kepada Toyota untuk mengembangkan solusi bebas emisi untuk segmen pasar yang kritis.

“Kami ingin berterima kasih kepada pemerintah Inggris atas pendanaan yang memungkinkan pengembangan penggerak bertenaga sel bahan bakar pada Toyota Hilux, mendukung ambisi kami terhadap karbon netral,” terang Matt Harrison.

Pemilihan Hilux sebagai mobil yang dikembangkan dengan sel bahan bakar Hidrogen disebut akan sangat bermanfaat untuk penggunaan di wilayah yang terisolasi, di mana pengecasan baterai untuk kendaraan listrik sangat sulit.

Rencananya, produksi versi prototipe dari Toyota Hilux tenaga sel bahan bakar ini akan mulai pada 2023 di pabrik Toyota Inggris di Burnaston. Seandainya hasilnya bagus, maka tahap produksi skala kecilnya akan disiapkan.

Untuk sekarang, masih belum ada informasi mengenai spesifikasi dari Toyota Hilux bertenaga hidrogen. Meski begitu, kita dapat melihat Drivetrain pada Toyota Mirai sebagai referensi.

Pada Mirai disematkan tiga tangki hidrogen sebagai sumber tenaganya, masing-masing mampu menampung 5,6 kg hidrogen.

Sementara itu, motor penggerak yang digunakan pada Mirai FCEV dapat menghasilkan tenaga hingga 182 hp dan torsi mencapai 406,75 Nm. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang