10 Juta Toyota Land Cruiser Terjual Selama 68 Tahun

Berita Otomotif

10 Juta Toyota Land Cruiser Terjual Selama 68 Tahun

TOYOTA CITY - Toyota merayakan penjualan 10 juta unit Land Cruiser di seluruh dunia.

Toyota, melalui keterangan resmi di situs resmi mereka baru-baru ini, mengumumkan pencapaian penjualan Land Cruiser sejak pertama kali meluncur hingga saat ini yang telah menembus 10 juta unit. Unit ke-10 juta terjual pada 31 Agustus 2019 kemarin.

Land Cruiser sendiri merupakan merupakan model tertua dan terlama yang dijual oleh Toyota hingga detik ini. Generasi pertama dari sport utility vehicle (SUV) beraura tangguh tersebut pertama kali diperkenalkan pada 1 Agustus 1951 sebagai Toyota ‘Jeep BJ’ sehingga kini usianya telah menyentuh 68 tahun.

Ekspor skala penuhnya baru terjadi pada 1955, empat tahun setelah perkenalan generasi pembuka. Adapun yang diekspor adalah Land Cruiser 20 Series.

Pada awalnya, jumlah ekspor kurang dari 100 unit per tahun. Pada 1965, atau sepuluh tahun setelah ekspor dimulai, jumlahnya meroket drastis menjadi lebih dari 10 ribu unit setahun.

Kini, Land Cruiser dipasarkan di sekitar 170 negara dan region di seluruh dunia. Penjualan tahunannya mencapai kisaran 400 unit secara akumulatif.

Generasi-generasi awal Land Cruiser dikenal di Indonesia dengan nama Toyota Hardtop. Model itu terkenal sebagai SUV yang amat jantan dan maskulin.

Legenda Toyota Hardtop di Indonesia mungkin hanya bisa disamakan dengan Suzuki Jimny.

Karena kemampuannya, Land Cruiser digunakan di banyak medan, untuk beragam tujuan. Pertama tentu saja untuk bergaya amat jantan di jalan raya umum.

Namun, di negara-negara Afrika, Land Cruiser digunakan untuk alat transportasi bantuan-bantuan kemanusiaan. Di Burgundi, model tersebut dipakai membawa anak-anak terinfeksi malaria ke rumah sakit dan di Uganda kendaraan ini digunakan mengangkut orang-orang yang sakit ke klinik.

Di Australia, Land Cruiser menjadi mobil jelajah para penambang seng dan tembaga, juga untuk menggiring kawanan sapi di peternakan. Di Costa Rica, Amerika Tengah, Land Cruiser dikendarai untuk memanen wortel pada ketinggian 3.500 meter di atas permukaan laut, di atas medan terjal yang sulit dilewati banyak mobil lain. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support