Suzuki Jimny Banjir Pesanan, Inden Bisa Lebih dari 2 Tahun

Berita Otomotif

Suzuki Jimny Banjir Pesanan, Inden Bisa Lebih dari 2 Tahun

JAKARTA - Inden Suzuki Jimny generasi terbaru di Indonesia mengular amat panjang. Menurut Suzuki, waktunya bervariasi tergantung dealer dan yang paling lama adalah lebih dari 2 tahun.

Sekadar mengingatkan, Jimny teranyar resmi meluncur di Indonesia pada 18 Juli 2019. Ada empat varian dengan rentang harga on-the-road Jakarta Rp 315,5 juta sampai dengan Rp 330 juta.

Donny Saputra, Direktur Pemasaran PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan bahwa Indonesia hanya mendapatkan jatah suplai 50 unit per bulan dari pabrik perakitan Jimny di Jepang. Jumlah tersebut disuplai ke 53 mitra dealer mereka di Tanah Air secara bergiliran.

“Jadi ada yang dapat bulan ini, bulan depannya enggak dapat, lalu begitu seterusnya,” ucap Donny di sela-sela Uji Keiritan All-New Suzuki Ertiga dengan rute Jakarta - Cirebon pada Selasa (27/8/2019).

Kuota yang diberikan kepada Indonesia tak bisa memenuhi permintaan dari masyarakat terhadap salah satu model sport utility vehicle (SUV) paling ikonik di jagad otomotif dunia tersebut. Dealer-dealer Suzuki ada yang sudah benar-benar menutup order untuk Jimny, ada juga yang menerima dengan terlebih dahulu mengingatkan bahwa indennya sangat lama.

Tapi, konsumen tetap bersedia menunggu. Efeknya, inden mencapai tahunan dan bahkan ada beberapa daerah yang mencapai 2 tahun.

“Ada dealer yang menerima pemesanan sampai 100 unit, 150 unit. Ada dealer yang jauh, yang kami prediksi enggak banyak, ternyata banyak juga. Bahkan ada konsumen yang bela-belain ke dealer kami di Papua untuk memesan,” tandas dia.

Hati-Hati Penipuan
Donny menerangkan bahwa pihaknya tak bisa berbuat apa-apa mengenai jomplangnya suplai dan permintaan Jimny. Soalnya, kapasitas produksi di satu-satunya pabrik perakit Jimny di Jepang juga amat sedikit.

“Kapasitasnya mentok. Sebulan 5.000 unit. Bayangkan. Jadinya tidak ada negara (yang menjualnya) yang tidak inden,” tegas dia.

Donny lalu mengingatkan agar para peminat Jimny tidak tergiur dengan tawaran-tawaran di internet dari orang-orang yang bukan tenaga penjual dealer Suzuki. Pasalnya, dia menemukan adanya orang-orang di berbagai forum di internet yang mengaku bisa mendapatkan unit dengan terlebih dahulu menyetor sejumlah uang.

“Beli lah dari sumber-sumber resmi,” tutupnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar