Toyota Supra Terbaru Gunakan Transmisi Dual-Clutch

Berita Otomotif

Toyota Supra Terbaru Gunakan Transmisi Dual-Clutch

GENEVA – Toyota Supra generasi terbaru nantinya tidak akan memiliki varian transmisi manual, mobil sport legendaris Toyota ini kelak cuma punya satu tipe transmisi otomatis dual-clutch.

Setelah lama mati suri, Toyota memastikan bakal menghidupkan kembali Supra setelah memamerkan versi purwarupanya, GR Supra Racing Concept, di Geneva Motor Show 2018 pada 8-18 Maret. Versi produksi Supra generasi kelima diperkirakan mengaspal pada paruh pertama 2019.

Hampir seluruh rincian mengenai spesifikasinya masih ditutup oleh Toyota. Satu dari sedikit hal yang sudah terungkap mengenai Supra termutakhir nanti adalah tipe transmisinya.

Chief Engineer Toyota Motor Corporation Tetsuya Tada membeberkan bahwa pihaknya hingga detik ini tidak berencana membuat Supra varian bertransmisi manual. Pasalnya, tenaga Supra terlalu besar untuk ditangani oleh  transmisi manual.

“Pada saat ini, tidak ada pemikiran untuk transmisi manual. Hanya ada girboks dual-clutch,” ujarnya ketika diiwawancarai di sela-sela Geneva Motor Show 2018, seperti diwartakan Carscoops beberapa waktu lalu

Transmisi dual-clutch kerap dipakai oleh mobil-mobil sport terkini. Salah satu pabrikan yang menggunakannya untuk model-model mobil kencang mereka yakni Ferrari. Tada menjanjikan bahwa para penggila Supra terbaru nanti akan melupakan transmisi manual begitu sudah menjajal transmisi ini.

Tada juga menjelaskan alasan mengapa versi konsep Supra diperkenalkan sebagai mobil balap. Menurutnya, Toyota memang berniat mengikutsertakan mobil yang pertama kali hadir pada 1978 tersebut ke ajang balap seperti Grand Touring Endurance atau GTE Class.

“Supra terbaru dikembangkan dengan pemikiran menjadikannya mobil balap sedari awal,” tandas dia.

Supra generasi kelima dikembangkan Toyota bersama-sama dengan BMW. Karena itu, roda empat satu ini berbagi sebagian komponen dengan Z4 paling baru.

Meski begitu, Tada mengklaim keduanya berbeda karena pengembangan dilakukan dengan mengajukan ide mengenai mobil masing-masing baru mencari komponen apa yang bisa digunakan bersama-sama, bukan sebaliknya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual