Toyota Indonesia Perkenalkan Gazoo Racing Sebagai Merek Produk-Produk Sporty

Berita Otomotif

Toyota Indonesia Perkenalkan Gazoo Racing Sebagai Merek Produk-Produk Sporty

JAKARTA – Toyota resmi meluncurkan merek Gazoo Racing di Indonesia sebagai payung dari produk-produk sport maupun sporty mereka.

Perkenalan ini dilakukan setelah mereka melepas delapan model Gazoo Racing (GR) di pasar otomotif Tanah Air dalam beberapa tahun terakhir. Dua di antaranya merupakan sebuah produk tersendiri yaitu GR Supra dan GR Yaris.

GR Sport merupakan generasi terbaru mobil sport legendaris Toyota yang kini dikembangkan bersama dengan BMW dan mengaspal di Indonesia pada 2019.

Adapun GR Yaris adalah versi produksi terbatas dari mobil yang digunakan di ajang World Rally Champhionsip (WRC) dan rencananya mulai didistribusikan kepada konsumen Tanah Air akhir 2021.

Toyota GR Yaris

Enam lainnya meluncur pada 2021 dan diposisikan sebagai varian tertinggi dari model yang sudah ada. Antara lain Raize GR Sport, Agya GR Sport, Avanza GR Limited, Rush GR Sport, Yaris GR Sport, dan Fortuner GR Sport.

Dengan adanya keenam varian tersebut, varian sporty Toyota sebelumnya yakni TRD Sportivo kemudian tergantikan.

model-model Toyota GR Sport 2021

Gazoo Racing sendiri, menurut Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor (TAM) Susumu Matsuda, resmi berdiri pada April 2015 sebagai wadah atau divisi dari semua aktivitas motorsport global mereka. Fokus utama mereka ada di World Endurance Championship (WEC), WRC, dan Dakar Rally.

Akan tetapi, sejarah pembentukannya sebenarnya bisa ditarik jauh ke belakang.

Toyota Raize GR Sport

“Pada 2007 kami memutuskan memperluas cakrawala kami untuk lebih mengembangkan diri dengan berkompetisi dalam 24 Hours of Nurburgring melalui tim kecil ramping dan siap tempur bernama Gazoo Racing. Tim ini terdiri dari mekanik-mekanik Toyota dan Akio Toyoda (CEO Toyota Motor Corporation saat ini—Red) sendiri sebagai master driver,” papar dia dalam seremoni introduksi virtual via YouTube pada Kamis (19/8/2021).

Empat Filosofi Gazoo Racing

Matsuda menjelaskan bahwa melalui pengalaman dan kemampuan Gazoo Racing dari berbagai ajang motorsport, Toyota berupaya menciptakan mobil-mobil yang lebih baik lagi. Mobil-mobil yang ‘disukai banyak orang selama 100 tahun ke depan’.

“untuk mencapai misi ini, Gazoo Racing telah menetapkan empat filosofi dasar,” tegas dia.

Toyota GR Supra

Pertama adalah ‘Roads Build People and People Builds Car’ atau belajar dari berbagai jenis jalan yang ada.

Kedua ‘Harsh Environment of Racing’ yang membuat mereka harus terus memacu batas kemampuan dan mengambil keputusan dengan cepat.

Ketiga ‘Dialogue with the Road’ atau memahami betul berbagai jenis jalan yang membutuhkan karakter atau kemampuan berbeda-beda.

Terakhir ‘Driver-centric’ alias mengembangkan kendaraan yang fokus pada pengemudi. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar