Ini Alasan Toyota Calya Tak Dapat Varian GR Sport yang Lebih Sporty

Berita Otomotif

Ini Alasan Toyota Calya Tak Dapat Varian GR Sport yang Lebih Sporty

JAKARTA – Pembeli Toyota Calya ternyata tak terlalu mementingkan desain sporty. Ini berbeda dengan konsumen Toyota Agya.

Calya dan Agya sama-sama bermain di segmen low cost green car (LCGC/mobil murah ramah lingkungan). Segmen ini berisi kendaraan-kendaraan dengan kapasitas mesin kecil dan komponen lokal tinggi yang efisien bahan bakar, sehingga mendapatkan insentif pajak dari pemerintah dan berharga murah.

Agya sendiri baru saja mendapatkan varian sporty dengan nama Agya GR Sport. Introduksi resminya berlangsung pada 9 Agustus 2021, berbarengan dengan Toyota Avanza GR Limited, Toyota Rush GR Sport, Toyota Yaris GR Sport, Toyota Fortuner GR Sport.

Toyota Agya GR Sport

Lantas, kenapa Toyota Calya ‘ditinggalkan’ tanpa sebuah varian berdesain lebih sporty?

“Kami cek juga segmen-segmen mana yang cocok dan punya animo tinggi terhadap sporty stylish (desain dengan aksesori sporty—Red). Memang yang banyak meminta, di kelas LCGC, itu hatchback dibandingkan MPV. Jadi, kami prioritaskan Agya dulu,” papar Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy menjawab pertanyaan Mobil123.com dalam konferensi pers virtual beberapa waktu lalu.

Sekadar mengingatkan, Toyota kini punya merek untuk produk-produk sport dan sporty bernama Toyota Gazoo Racing (GR). Di Indonesia, perkenalan resmi dari merek ini dilakukan pada 19 Agustus 2021 kemarin.

Di antara produk-produk itu ada GR Sport yang menjadi varian berdesain sporty dari model-model reguler, dengan mengandalkan aksesori di sektor eksterior.

Debut varian GR Sport sebenarnya sudah terjadi pada April 2021, dengan peluncuran Toyota Raize GR Sport.

Dengan kehadiran GR Sport, varian sporty sebelumnya yakni TRD Sportivo akhirnya ‘dipensiunkan’.

Ada pula yang menjadi produk tersendiri dengan performa lebih trengginas, yakni GR Supra (meluncur di Indonesia 2019) maupun GR Yaris (Agustus 2021).

model-model Toyota GR Sport di Indonesia

Lebih lanjut, Anton menjelaskan bahwa model-model SUV juga punya basis konsumen penyuka desain sporty yang cukup banyak. Oleh karena itulah Rush dan Fortuner diberikan varian GR Sport.

Pengembangan model-model yang mendapatkan varian GR Sport di Indonesia ke depannya akan disesuaikan dengan selera pasar. Sayang, Anton tidak memberikan bocorannya.

“Mana (model) yang cocok (dapat varian GR Sport) dan kemudian disesuaikan dengan kebutuhan konsumen Indonesia. Jadi, bukan berarti jika di luar negeri ada, di Indonesia pasti bakal ada. Bisa iya, bisa enggak tergantung perbedaan kebutuhan masing-masing pasar,” tutup dia. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar