Toyota Indonesia Incar Bali Untuk Sebarkan Lebih Banyak Pohon Bakau

Berita Otomotif

Toyota Indonesia Incar Bali Untuk Sebarkan Lebih Banyak Pohon Bakau

BREBES – Toyota Indonesia melanjutkan program penghijauan daerah pesisir pantai pulau, Jawa, dengan menanam 70 ribu pohon bakau di Brebes, Jawa Tengah.

Dikatakan bahwa wilayah pesisir pantai Brebes mengalami abrasi seluas 1.200 hektar. Terdapat lima kecamatan  dengan panjang cakupan kerusakan tersebut mencapai 53 kilometer. Guna mengatasinya, Toyota bekerjasama dengan berbagai pihak kementerian, melakukan penghijauan kembali.

Dalam program bernama Toyota Forest, produsen mobil dari Jepang ini menjadi pelopor pihak swasta yang melakukan penanaman pohon bakau atau mangrove. Kegiatan yang telah dilakukan sejak 2013 ini, setidaknya telah memberikan dampak positif bagi warga sekitar.

Adapun dikatakan bahwa Toyota memasang target untuk menanam dan memelihara sekitar 300 ribu mangrove. Tersebardi sejumlah daerah sepanjang pantai utara pulau Jawa meliputi Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Karawang, Brebes, Batang, Kendal, dan Surabaya pada 2018.

“Sebagai industri otomotif yang berdiri lebih dari empat dekade di Indonesia, kami memiliki keinginan luhur untuk menjaga keseimbangan alam, lingkungan, dan ekosistem khususnya melalui penanaman pohon mangrove,” ujar Nandi Julyanto Direktur Production Engineering & Vehicle Manufacturing PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Ia juga menjelaskan bahwa untuk mencapai targetnya (300 ribu), Toyota Indonesia terus melanjutkan kampanye penghijauan tersebut ke beberapa daerah lainnya. Sasaran berikutnya adalah pulau Bali yang akan ditanami pohon bakau.

“Setelah kami melakukan penanaman di pulau Jawa hingga kepulauan seribu, target selanjutnya adalah Bali. Karena Bali termasuk daerah yang banyak penduduknya, sehingga cenderung cepat rusak,” jelas Nandi di Brebes, Kamis, (01/02/2018).

Dengan menjadikan kawasan mangrove yang telah hijau, Toyota juga menggandeng banyak pihak untuk turut menjaga lingkungan. Pemberian edukasi terhadap banyak pihak diperlukan agar hutan mangrove tidak kembali rusak. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual