Toyota Forest Tanam 60 Ribu Pohon Bakau di Brebes

Berita Otomotif

Toyota Forest Tanam 60 Ribu Pohon Bakau di Brebes

BREBES – Toyota Indonesia melanjutkan program penghijauan pesisir pantai utara pulau Jawa, dengan menanamkan 60 ribu pohon bakau di Brebes.

Toyota Forest adalah bentuk kepedulian pabrikan asal Jepang dengan melakukan penghijauan  lingkungan. Sebanyak 60 ribu pohon bakau di lahan seluas 6 hektar, di kawasan wisata Mangrove Pandansari, Desa Kaliwlingi, Brebes, Jawa Tengah.

Penanaman perdana ini merupakan bagian dari target Toyota Indonesia, untuk menanam dan memelihara 300 ribu mangrove, di sejumlah daerah sepanjang pantai utara pulau Jawa yang tersebar di Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Karawang, Brebes, Batang, Kendal, dan Surabaya di tahun 2018.

Dengan slogan “1 Pohon, 1 Kendaraan” yaitu setiap produksi satu unit mobil Toyota di Indonesia, maka satu unit pohon akan ditanam. Program Toyota Forest dibuat sesuai dengan kebijakan Pemerintah, terkait dengan konservasi lingkungan dan pengembangan potensi aspek ekonomi masyarakat di tiap daerah.

“Kegiatan “Mangrove for Life” yang sudah kami laksanakan sejak tahun 2013 ini, hanya dapat terwujud berkat dukungan dengan pemerintah dan warga setempat dalam mewujudkan penghijauan di Pesisir Pantai Utara Pulau Jawa,” ujar Nandi Julyanto Direktur Production Engineering & Vehicle Manufacturing PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Pemilihan lokasi sendiri didasarkan atas keberhasilan komunitas setempat, merehabilitasi desa mereka yang terkena abrasi, sehingga menjadi kawasan konservasi mangrove yang bebas abrasi. Proses penanaman yang telah dilakukan sejak Agustus 2017 ini sendiri berjumlah 70 ribu pohon bakau. dikatakan terdapat penambahan sebanyak 10 ribu dari warga sekitar.

“Kami dari Toyota menanam 60 ribu pohon mangrove di Brebes, tapi ternyata sama warga di sini mereka menanam lagi sendiri sebanyak 10 ribu pohon. Jadi kami salut sama kepedulian warga di Kaliwlingi, Brebes ini,” jelas Nandi.

Di samping itu, selain dapat mencegah kerusakan alam, kehadiran hutan mangrove juga dapat dijadikan objek wisata yang unik. Tentunya bermanfaat bagi warga sekitar bahkan dapat memberikan hasil olahan mangrove dalam bentuk budidaya kepiting. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual