Toyota – Daihatsu Kembangkan Mobil Murah 7 Penumpang untuk Indonesia

Berita Otomotif

Toyota – Daihatsu Kembangkan Mobil Murah 7 Penumpang untuk Indonesia

BINTARO – Toyota – Daihatsu kini sedang mengembangkan mobil murah baru yang belum pernah ada sebelumnya di pasar Indonesia. Mobil ini berkapasitas tujuh penumpang, berbentuk antara multi purpose vehicle (MPV) atau sport utility vehicle (SUV), serta berpotensi hadir dalam beberapa tahun ke depan.

Fransiskus Soerjopranoto, Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM), membeberkan bahwa kedua pabrikan sedang meriset dan mengembangkan model baru yang belum terpikirkan oleh pasar sebelumnya. Ia menegaskan mobil berharga terjangkau tersebut bakal menciptakan segmen baru. Kini, Toyota – Daihatsu sedang melakukan pemetaan ulang (remapping) pasar Indonesia.

“Prosesnya sudah di atas 50  persen dan menurut saya Toyota bersama Daihatsu kolaborasinya cukup baik karena para engineer Toyota pun sudah ada yang ke Daihatsu untuk bantu mereka,” ungkap Soerjopranoto menjawab pertanyaan Mobil123.com pada awal pekan ini di Bintaro, Tangerang Selatan.

Penelitian dan pengembangan mobil murah baru dilakukan melalui perusahaan virtual Toyota – Daihatsu bernama Emerging-market Compact Car Company (ECCC). Perusahaan in berisi para eksekutif kedua perusahaan dan dibentuk setelah Toyota Motor Corporation mengakuisisi Daihatsu Motor Corporation secara penuh pada 2017.

Melalui ECCC, Toyota – Daihatsu bermaksud memadukan sumber daya dan kompetensi masing-masing dengan tujuan mempenetrasi pasar negara-negara berkembang. Soerjopranoto, dalam wawancara personal dengan Mobil123.com di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, mengatakan bahwa Indonesia adalah fokus utama dari ECCC.

Lebih lanjut, dalam interview di Bintaro, Soerjopranoto menegaskan mobil murah tersebut akan memiliki daya angkut tujuh penumpang. Ini karena preferensi utama konsumen di Tanah Air adalah mobil berkapasitas penumpang banyak.

“Mobil murah itu akan bermainnya antara di MPV atau SUV karena pasar Indonesia adalah dua itu,” tandasnya.

Diusahakan Meluncur Dalam Beberapa Tahun
Soerjopranoto kemudian menerangkan riset dan pengembangan paling lama memakan waktu lima tahun. Namun, Toyota – Daihatsu sedang berusaha mengakselerasi proses sehingga calon MPV atau SUV murah ini bisa hadir lebih cepat.

“Kami enggak bisa bilang pasti 3-4 tahun. Bisa saja setahun – dua tahun ke depan sudah. Intinya kami lagi akselerasi dan progresnya sekarang sudah cukup baik. Toyota dan Daihatsu kolaborasinya luar biasa,” tegasnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar