Toyota 86 Terbaru Siap Berikan Kejutan, Konon Tak Kalah Hebat dari Supra

Berita Otomotif

Toyota 86 Terbaru Siap Berikan Kejutan, Konon Tak Kalah Hebat dari Supra

CANBERRA - Toyota membeberkan bahwa pihaknya kini sedang mempersiapkan mobil sport 86 generasi terbaru.

Meski menjadi yang paling ikonik, Supra bukanlah satu-satunya mobil sport Toyota. Masih ada model lain seperti Toyota 86.

Sorotan publik saat ini tertuju pada Supra, setelah sang pabrikan menghidupkannya lagi dari ‘mati suri’ dengan meluncurkan generasi terbarunya. Tapi ternyata, Toyota tidak melupakan 86.

Tetsuya Tada selaku Chief Engineer Toyota Motor Corporation, seperti dikutip dari Carscoops pada Kamis (26/9/2019), dalam peluncuran All-New Supra di Australia membeberkan bahwa di internal perusahaan kini ada ‘tim 86 yang baru’. Tugas mereka adalah mengembangkan model generasi selanjutnya dari mobil sport tersebut.

Tada mengatakan bahwa mereka berambisi membuat 86 makin galak dan garang. Ia bahkan menggadang-gadang model itu nanti melewati Supra.

“Kami harus membuat 86 terbaru yang melampaui Supra.. Itu yang para konsumen ekspektasikan,” tandasnya.

Sulit membayangkan 86 melebihi kemampuan Supra. Pasalnya, kelas dari model satu itu memang berada di bawahnya.

Namun, jika bermain dengan asumsi, bisa saja Tada mengacu pada aspek desainnya kelak. Bisa pula, ia mengacu pada pengalaman berkendara yang meningkat jauh ketimbang generasi pertamanya saat ini.

Detail mengenai 86 generasi termutakhir yang sedang dalam pengembangan memang masih sumir. Toyota tidak memberikan keterangan lebih banyak mengenainya.

Akan tetapi, laporan terkini dari majalah otomotif Jepang, Best Car, mengindikasikan bahwa Toyota dan Subaru akan sekali lagi berkolaborasi dalam pengembangan platform baru bersistem penggerak roda belakang.

Seperti diketahui 86 generasi pertama memang hasil kerja sama kedua merek ini. Di sisi Subaru, nama ‘saudara kembar’ 86 ialah BRZ.

Dua platform Toyota dan Subaru sekarang, TNGA serta Global Platform, dikabarkan tidak cocok bagi model tersebut. Best Car pung mengklaim bahwa 86 termutakhir kelak masih menggunakan mesin flat-four dari Subaru tapi dengan kapasitas yang lebih besar yaitu 2.4-liter, bukan 2.0-liter seperti saat ini.

Belum jelas pula, apakah mesinnya nanti bakal dipadukan dengan turbo atau naturally-aspirated. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support