Toyota Century Langka, Khusus untuk Kaisar Jepang Naruhito

Berita Otomotif

Toyota Century Langka, Khusus untuk Kaisar Jepang Naruhito

TOKYO - Kaisar Jepang yang baru, Naruhito, dilaporkan bakal menumpangi Toyota Century yang dibuat khusus untuknya dalam upacara penobatannya bulan depan.

Sekadar mengingatkan, Kaisar Naruhito naik takhta menggantikan ayahnya, Kaisar Akihito secara resmi sejak Mei 2019. Jika masa kepemimpinan Ayahnya dinamakan ‘Era Heisei’, sang suksesor menamakan masa kepemimpinannya ‘Era Reiwa’.

Namun, upacara penobatan dan penyematan mahkota baru akan terjadi pada 22 Oktober mendatang. Adapun mobil yang akan digunakan, seperti dikutip dari Motor1, adalah Toyota Century terbaru yang sudah dimodifikasi.

Model itu sendiri sudah menjadi mobil parade kaisar dalam upacara penobatan selama 30 tahun. Sebelumnya, kaisar menggunakan Rolls-Royce Corniche.

Nantinya, hanya ada satu Century di seluruh dunia dengan spesifikasi yang digunakan oleh sang kaisar. Sebenarnya, tak banyak ubahan yang dilakukan. Atapnya kelak dibuat convertible (dapat dibuka-tutup), dengan modifikasi pada bagian buritan. Kursi belakang juga dinaikkan 400 milimeter ketimbang versi standar.

Sudut kerebahan kursi pun diubah sebanyak 25 derajat. Ini dilakukan untuk memberikan sesuatu yang diistilahkan sebagai ‘sudut pandang kekaisaran yang tidak terganggu’.

Tidak ada informasi bahwa aspek mesin diutak-atik. Karena itu, sistem penggeraknya kemungkinan besar masih mengandalkan sistem hybrid yang terdiri dari mesin konvensional 5.0-liter V8 berdaya 376 hp dan torsi 510 Nm, baterai listrik, dan motor penggerak.

Perpaduan tersebut membuat gelontoran daya secara total membesar menjadi 425 hp.

Century kini sudah memasuki generasi ketiga. Versi terkini diperkenalkan belum terlalu lama dari sekarang, tepatnya pada Tokyo Motor Show 2017.

Mobil parade kekaisaran kelak akan dibawa berkeliling sejauh 4,6 km. Kaisar Naruhito akan menyapa rakyatnya dengan rute di sekitar Tokyo hingga Istana Akasaka.

Rute perjalanan dibuat dengan pertimbangan kepadatan lalu lintas minim namun dengan kesempatan foto lebih maksimal bagi mereka yang menyaksikan.Estimasi waktu perjalanan adalah 30 menit.

Ketika tidak digunakan, Century itu akan ditaruh dan dipajang secara bergantian di istana Tokyo serta Kyoto. Penggunaannya akan lebih sering terjadi dalam Olimpiade Tokyo 2020, ketika Kaisar Naruhito mendatangi berbagai tempat yang sudah dijadwalkan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support