Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Tol Cipali Berbenah Demi Mengurangi Tingkat Kecelakaan

Berita Otomotif

Tol Cipali Berbenah Demi Mengurangi Tingkat Kecelakaan

JAKARTA – Jalan Tol Cikopo – Palimanan atau yang biasa dikenal dengan tol Cipali melakukan beberapa strategi untuk mengurangi tingkat kecelakaan di ruas tol tersebut.

Sedikitnya ada tiga langkah utama yang dilakukan oleh PT. Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Cipali. Tiga langkah tersebut adalah Enginering, Enforcement, Education (3E) dan diharapkan bisa meningkatkan keselamatan berkendara.

Pertama pada penerapan konsep Enginering, PT LMS telah memasang Wire ropes sepanjang 16 Km, pemasangan 10 Km Guardrail, pemasangan rumble dot pada bagian dalam maupun luar jalan sepanjang 32 Km, pemasangan WIM (Wight in Motion) di 2 lokasi dan pemasangan lampu strobo di 5 titik rawan kecelakaan di ruas tol Cipali.

Selanjutnya pada konsep Enforcement, PT. LMS berkordinasi dengan pihak kepolisian daerah setempat dan Dishub sekaligus mengadakan Operasi Speed Gun setiap 2 bulan sekali. Selain itu, dilakukan sosialisasi secara rutin kepada pengemudi bus dengan melakukan pengecekan rem kendaraan, melakukan operasi Over Dimention Over Load Vehicle (ODOL) kepada pengguna jalan tol khususnya kendaraan golongan 4 – 5 (Truck).

Sedangkan konsep Education dilakukan melalui kampanye keselamatan berkendara pada setiap event yang diadakan oleh PT. LMS di titik pemberhentian tol Cipali, (Cipali Festival, Bazaar Ramadhan, safety induction bersama dengan Kementrian Perhubungan).

Selain itu, pada setiap ruas Jalan Tol Cipali juga telah dilakukan pemasangan himbauan melalui spanduk yang berisikan kampanye keselamatan berkendara, sosialisasi pada seluruh videotron di semua gardu Jalan Tol Cipali, hingga himbauan pada Variable Messege Sign (VMS) serta social media.

Jalan tol Cipali merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa memiliki Panjang 116,75 Km yang menghubungkan dari Merak hingga ke Surabaya. Ini merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia dan melintasi lima Kabupaten di Jawa Barat yaitu Kabupaten Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka dan Cirebon. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang