Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Info Mudik 2018: One Way di Tol Cipali Terpanjang dalam Sejarah

Berita Otomotif

Info Mudik 2018: One Way di Tol Cipali Terpanjang dalam Sejarah

JAKARTA – Sistem satu jalur atau one way yang diberlakukan di tol Cikopo – Palimanan (Cikopo) diklaim sebagai yang terpanjang dalam sejarah di Indonesia.

Rekayasa arus one way di tol Cipali diberlakukan pada Selasa (19/6/2018) hingga Kamis (21/6/2018) pagi tadi. Hal ini dilakukan untuk menyiasati puncak arus balik dari mudik Lebaran yang diperkirakan terjadi pada 19 – 20 Juni kemarin.

Sistem one way tol Cipali, berdasarkan penelusuran Mobil123.com dari berbagai sumber, diterapkan mulai dari Pejagan Km. 237 hingga di Jakarta Km. 3, tepatnya di sekitar Halim. Adapun panjang sistem one way mencapai 234 km.

“Ini terpanjang dalam sejarah mudik di Indonesia,” aku Kepala Kepolisian Resor Karawang Slamet Waloya.

Hari raya Idul Fitri tahun ini sendiri telah jatuh pada 15 Juni kemarin. Namun, cuti bersama yang ditetapkan pemerintah berlangsung cukup panjang yaitu sejak 11 – 20 Juni, dengan arus mudik mulai 8 Juni. Adapun arus balik sudah terjadi sejak hari kedua Lebaran, 16 Juni.

Sistem one way di tol Cipali awalnya ‘hanya’ hingga tol Cikarang Utama. Akan tetapi, akhirnya sistem akhirnya diperpanjang sampai dengan Halim.

Kepolisian memperkirakan arus balik ke Jakarta masih akan terjadi hingga Minggu (24/6/2018), meski libur panjang Lebaran resmi usai hari ini. Sistem one way di Cipali pun terbuka kemungkinan diberlakukan kembali jika situasi mengharuskan.

Kondisi lalu lintas Jakarta di hari pertama masuk kerja pascacuti bersama terpantau relatif lengang. Situasi commuter line pun belum ‘normal’, tidak sepadat biasanya. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang