Tol Cimanggis-Cibitung Resmi Beroperasi, Tarif Masih Gratis

Berita Otomotif

Tol Cimanggis-Cibitung Resmi Beroperasi, Tarif Masih Gratis

JAKARTA – Ruas jalan tol Cimanggis-Cibitung seksi 1 Segmen Junction Cimanggis - Jatikarya sepanjang 2,75 km resmi beroperasi.

Tol yang oleh dikeloka oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT) akan menghubungkan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung dengan Tol Jagorawi.  Pengoperasian jalan tol ini ditandai dengan mulai beroperasinya Gerbang Tol Cimanggis 4 dan 5 pada tanggal 10 November 2020 pukul 14.00 WIB.

Nantinya, GT Cimanggis 4 diperuntukkan bagi pengguna jalan dari arah Jatikarya/Cibubur/Transyogi menuju Jakarta. Sedangkan GT Cimanggis 5 diperuntukkan bagi pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Jatikarya/Cibubur/Transyogi.

Pengoperasian GT ini diharapkan dapat menjadi alternatif titik transaksi dan mengantisipasi kepadatan Jalan Alternatif Cibubur bagi pengguna jalan yang berasal atau menuju Cibubur, Transyogi, Cileungsi dan sekitarnya. Pasalnya, ada potensi peningkatan lalu lintas di tol Jagorawi setelah dioperasikannya akses baru Cimanggis – Cibitung.

Tol Cimanggis-Cibitung Resmi Beroperasi, Tarif Masih Gratis
Perlu diketahui bahwa sebelum adanya tol Cimanggis-Cibitung, untuk menuju ke tengah akses jalan Transyogi/Alternatif Cibubur dari Tol Jagorawi dan sebaliknya bisa memakan waktu lebih dari 30 menit. Bila menggunakan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi I hanya akan membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit.

GT Cimanggis 4 memiliki total 4 gardu operasi yang terdiri dari 2 gardu single untuk golongan 1 non bus dan 2 gardu multi guna golongan bus dan truk. Sedangkan GT Cimanggis 5 memiliki total 5 gardu operasi yang terdiri dari 3 gardu single untuk golongan 1 non bus dan 2 gardu multi guna golongan bus dan truk.

Kedua gerbang tol tersebut akan diberlakukan dengan sistem pembayaran Non Tunai/menggunakan uang elektronik. Tidak ada perubahan tarif tol Ruas Jagorawi dengan adanya pengoperasian GT Cimanggis 4 dan 5. Pengguna jalan tetap menggunakan tarif Tol Ruas Jagorawi saat ini yaitu Gol I Rp 7.000, Gol II & Gol III Rp 11.500, Gol IV & Gol V Rp 16.000.

Sementara selama masa sosialisasi Pengoperasian Ruas Cimanggis-Cibitung pengguna jalan tol saat ini belum dikenakan tarif pada Ruas Cimanggis-Cibitung tersebut. Hingga kini, belum ada informasi terkait tarif yang akan dikenakan untuk ruas tol Cimanggis-Cibitung. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar