Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Tol Bogor Outer Ring Road Kini Semakin Panjang

Berita Otomotif

Tol Bogor Outer Ring Road Kini Semakin Panjang

JAKARTA – Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIIA (Ruas Simpang Yasmin - Kayu Manis) sepanjang 3 Km siap dioperasikan.

Tol yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badam Usaha Jalan Tol (BUJT) ini diyakini mampu mengurai kemacetan lalu lintas di Kota Bogor dan sekitarnya. Dengan demikian, pergerakan masyarakat dan meningkatkan taraf ekonomi akan lebih baik.

Ruas Tol BORR Seksi IIIA (Ruas Simpang Yasmin - Kayu Manis) telah melalui tahap Uji Statis dan Uji Dinamis menggunakan kendaraan berat jenis truk. Pengujian statis dilakukan dengan menghentikan kendaraan di tengah-tengah Jalan Tol.

Sedangkan pelaksanaan uji dinamis bertujuan untuk mengetahui faktor redaman jembatan dan Dynamic Amplification Factor (DAF). Caranya adalah dengan membandingkan amplitudo akibat beban dinamis dengan amplitudo akibat beban statis yang akan menunjukkan karakteristik dari jembatan tersebut. Pengujian dilakukan lebih dari satu kali untuk mendapatkan hasil yang konsisten dan mengetahui kualitas kekuatan jembatan Tol.

BORR
Jalan Tol BORR dikelola oleh PT. Marga Sarana Jabar dan terbagi menjadi 3 seksi. Ketiga seksi tersebut adalah Seksi I Sentul Selatan – Kedung Halang yang telah dioperasikan pada tahun 2009. Seksi IIA Kedung Halang – Kedung Badak yang diresmikan pada tahun 2014 dan Seksi II B Kedung Badak – Simpang Yasmin, diresmikan tahun 2018. Panjang Seksi I dan II yaitu 8,45 Km. Kemudian dilanjutkan Seksi III Simpang Yasmin – Kayu Manis) dengan panjang 3 Km.

Jalan tol dengan nilai investasi sebesar Rp. 2,05 triliun tersebut dibangun dua arah menggunakan jenis perkerasan kaku dan memiliki masa konsesi selama 45 tahun sejak SPMK. Bertindak sebagai kontraktor PT PP (Persero) Tbk dengan konsultan PT. Indec Internusa JO dan PT. Eskapindo Matra.

Jalan Tol BORR dapat mendukung kawasan wisata di sekitar Kota Bogor yaitu diantaranya kawasan puncak Ciawi dan Kebun Raya Bogor. Jalan Tol ini juga menyajikan panorama Gunung Salak yang indah bagi para pengguna jalan tol saat akan memasuki Kota Hujan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang