Pembangunan Tol Dalam Kota Seksi Kelapa Gading-Pulo Gebang Hampir Rampung

Berita Otomotif

Pembangunan Tol Dalam Kota Seksi Kelapa Gading-Pulo Gebang Hampir Rampung

JAKARTA – Meski kondisi pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia kian meninggi, pembangunan jalan tol masih terus berlangsung.

Saat ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pekerjaan akhir pembangunan Jalan Tol Layang Dalam Kota Seksi Kelapa Gading - Pulo Gebang. Jalan tol tersebut memiliki panjang 9,3 km dan merupakan bagian dari 6 Ruas Tol Dalam Kota Jakarta.

Jalan tol ini akan melengkapi struktur jaringan jalan bebas hambatan di kawasan Metropolitan Jabodetabek (Jakarta- Bogor-Depok- Tanggerang- Bekasi). Saat ini kawasan tersebut telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan lingkar luar (Jakarta Outer Ring Road/JORR).

Nantinya seksi Kelapa Gading - Pulo Gebang akan terhubung dengan Jalan Tol JORR Seksi E yang menghubungkan konektivitas Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Marunda dan menunjang akses Pelabuhan Tanjung Priok. Ada pun pembangunan jalan tol ini sudah dilakukan sejak Februari 2017 dan diharapkan bisa rampung pada akhir bulan ini.

Jalan tol

“Kehadiran 6 Ruas Jalan To Dalam Kota yang baru ini untuk mengurangi kemacetan di Ibu Kota Jakarta. Secara keseluruhan ruas tol membentang sepanjang 69,77 km dengan mengadopsi konstruksi jalan layang yang terintegrasi dengan transportasi umum Bus Rapid Transit (BRT),” terang Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Ada pun pembangunan jalan tol tersebut dilakukan secara bertahap yakni tahap 1 sepanjang 31,2 km terdiri dari Seksi A Kelapa Gading – Pulo Gebang sepanjang 9,3 km,  Seksi B Semanan-Grogol sepanjang 9,5 km, dan Seksi C Grogol-Kelapa Gading  sepanjang 12,4 km. Nilai investasi pembangunan tahap 1 sebesar Rp 20,73 triliun dengan kontraktor pelaksana PT Jaya Konstruksi – PT Adhi Karya (KSO).

Sayangnya hingga berita ini dibuat, belum disampaikan peresmian jalan tol dan penghematan waktu tempuh yang akan didapatkan masyarakat bila menggunakan jalan tol ini. Tak hanya itu, perkiraan tarif tol tersebut juga masih belum disampaikan secara resmi oleh Pemerintah. Namun tentunya diharapkan tarif yang diberikan tidak akan memberatkan masyarakat khususnya dalam kondisi seperti saat ini. [Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar