Presiden Jokowi Resmikan Tol Pandaan-Malang

Berita Otomotif

Presiden Jokowi Resmikan Tol Pandaan-Malang

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan Tol Pandaan-Malang di Gerbang Tol (GT) Singosari, Kecamatan Singosari Kabupaten Malang.

Tol Pandaan-Malang yang diresmikan beroperasi adalah Seksi 1-3 dari Pandaan hingga Singosari sepanjang 30,6 Km. Sementara Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,7 Km sudah selesai 90% dan akan dibuka fungsional untuk mendukung Mudik 2019. Untuk Seksi 5 dari Pakis hingga Malang sepanjang 3,1 Km masih dalam tahap konstruksi.

Tol Surabaya Malang sudah lama ditunggu masyarakat. Sebelumnya waktu tempuh tiga jam, setelah tol jadi diperkirakan menjadi satu jam. Memang masih kurang 7,8 Km, Saya sudah minta agar bisa diselesaikan maksimal akhir tahun 2019, syukur bisa maju,” kata Presiden Jokowi.

Sementara itu Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur mengatakan bahwa dengan adanya jalan tol tersebut maka diharapkan kemacetan dapat berkurang. Pasalnya, kepadatan lalu lintas Surabaya-Malang bisa mencapai puncaknya dengan 65.000 kendaraan roda empat per hari.

 “Kehadiran tol ini diharapkan bisa mengurai kepadatan hingga 70%. Kira-kira 45 ribu akan terurai karena melewati tol ini. Oleh karena itu manfaatnya sangat besar bagi percepatan mobilitas masyarakat Jawa Timur,” kata Khofifah.

Untuk sementara, tol Pandaan-Malang Seksi 1-3 ini akan dibuka fungsional dan digratiskan hingga setidaknya usai Lebaran. Dengan demikian diharapkan pemudik bisa memanfaatkan jalan tol tersebut untuk mempercepat perjalanan dari Surabaya ke Malang ataupun sebaliknya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support