Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Presiden Jokowi Resmikan Tol Pandaan-Malang

Berita Otomotif

Presiden Jokowi Resmikan Tol Pandaan-Malang

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan Tol Pandaan-Malang di Gerbang Tol (GT) Singosari, Kecamatan Singosari Kabupaten Malang.

Tol Pandaan-Malang yang diresmikan beroperasi adalah Seksi 1-3 dari Pandaan hingga Singosari sepanjang 30,6 Km. Sementara Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,7 Km sudah selesai 90% dan akan dibuka fungsional untuk mendukung Mudik 2019. Untuk Seksi 5 dari Pakis hingga Malang sepanjang 3,1 Km masih dalam tahap konstruksi.

Tol Surabaya Malang sudah lama ditunggu masyarakat. Sebelumnya waktu tempuh tiga jam, setelah tol jadi diperkirakan menjadi satu jam. Memang masih kurang 7,8 Km, Saya sudah minta agar bisa diselesaikan maksimal akhir tahun 2019, syukur bisa maju,” kata Presiden Jokowi.

Sementara itu Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur mengatakan bahwa dengan adanya jalan tol tersebut maka diharapkan kemacetan dapat berkurang. Pasalnya, kepadatan lalu lintas Surabaya-Malang bisa mencapai puncaknya dengan 65.000 kendaraan roda empat per hari.

 “Kehadiran tol ini diharapkan bisa mengurai kepadatan hingga 70%. Kira-kira 45 ribu akan terurai karena melewati tol ini. Oleh karena itu manfaatnya sangat besar bagi percepatan mobilitas masyarakat Jawa Timur,” kata Khofifah.

Untuk sementara, tol Pandaan-Malang Seksi 1-3 ini akan dibuka fungsional dan digratiskan hingga setidaknya usai Lebaran. Dengan demikian diharapkan pemudik bisa memanfaatkan jalan tol tersebut untuk mempercepat perjalanan dari Surabaya ke Malang ataupun sebaliknya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang