Tips Aman Mengemudi di Musim Hujan, Perhatikan & Rawat 4 Komponen Mobil Ini

Panduan Pembeli

Tips Aman Mengemudi di Musim Hujan, Perhatikan & Rawat 4 Komponen Mobil Ini

JAKARTA - Jika mau selalu aman dan nyaman mengemudi saat musim hujan, ada empat komponen mobil yang mesti sangat diperhatikan serta dirawat.

Pada Desember 2021, berbagai wilayah di Indonesia masih mengalami musim hujan. Curah hujan bahkan terpantau masih tinggi di Jakarta, disertai angin kencang.

Kondisi ini, menurut keterangan resmi Mitsubishi pada Kamis (23/12/2021), menyebabkan permukaan jalan lebih licin dan visibilitas pengendara berkurang. Oleh karena itu, ada beberapa sektor pada mobil yang mesti diperhatikan dan dirawat agar dapat bekerja secara optimal.

“Selama musim hujan, kami berharap semua konsumen dapat lebih mempersiapkan kondisi kendaraannya. Persiapan kendaraan dalam menghadapi musim hujan sangat penting dikarenakan Anda akan mengandalkan kondisi kendaraan termasuk komponen yang vital,” kata General Manager After Sales Division PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Boediarto.

Berikut daftar komponen-komponennya, seperti dijelaskan oleh merek berlogo tiga berlian tersebut:

  • Wiper

Berkurangnya visibilitas saat musim hujan utamanya disebabkan guyuran air dalam jumlah banyak ke kaca mobil. Oleh karena itu, wiper, sebagai komponen yang berfungsi menyapu air dari kaca, amat wajib diperiksa dan dipastikan kondisinya.

Jika karet wiper sudah keras, amat disarankan untuk melakukan penggantian agar kinerjanya moncer ketika ‘mengusir’ air dari kaca.

Lakukan pula perawatan pada tabung air wiper dan nosel penyemprot. Kondisi keduanya wajib selalu bersih agar air yang disemprotkan tidak kotor oleh endapan lumpur maupun lumut dan malah makin mengganggu visibilitas.

  • Ban

Sebagai komponen yang mengalami kontak langsung dengan jalan, kondisi ban makin penting di musim hujan. Jika tidak, ban bisa kehilangan traksi atau melintir ketika melintasi permukaan licin.

Periksa alur ban, apakah sudah botak atau belum. Jika ya, segera ganti dengan yang baru. Ini bisa diketahui dengan berpatokan pada tread wear indicator (TWI) di bagian samping ban.

Cek pula tekanan angin dan pastikan selalu sesuai dengan standar dari pabrikan. Rekomendasi tekanan angin dari pabrikan bisa dicek di sebelah pintu pengemudi.

  • Rem

Kondisi rem tak kalah vital untuk dicek. Apalagi, jarak pengereman ketika musim hujan lebih panjang daripada musim lainnya.

Periksa kampas rem untuk menentukan perlu-tidaknya penggantian. Kondisi kampas rem juga bisa diketahui dengan mendengar apakah ada bunyi decitan atau tidak ketika menginjak pedal terkait.

Jika ya, hampir pasti kampas rem sudah tipis, sehingga menyebabkan gesekan antara dua logam.

  • Kelistrikan

Komponen kelistrikan terkait beberapa bagian penting dari kendaraan. Misalnya saja lampu mobil yang penting untuk membantu visibilitas di kala hujan.

Pastikan semua fungsi kelistrikan berfungsi normal mulai dari meter cluster, head lamp, lampu sein, lampu hazard, lampu rem, dan lain-lain.

Kabel-kabel listrik umumnya sudah dibekali socket antiair. Tapi, lakukan pengecekan lagi demi memastikan tidak ada yang terbuka atau terkelupas karena gigitan hewan dan sebagainya. [Xan]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil bekas berkualitas <<<<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar