8 Hal Wajib Diperhatikan Sebelum Terabas Hujan

Panduan Pembeli

8 Hal Wajib Diperhatikan Sebelum Terabas Hujan

JAKARTA – merawat mobil menjadi sangat kompleks ketika musim hujan datang. Beragam keluhan dan kerusakan umum terjadi saat-saat seperti ini.

Untuk itu, Adira Finance pun memberikan tips mudah untuk merawat kendaraan selama musim hujan. Lantas, apa saja yang harus mendapat perhatian ekstra di musim hujan? Berikut ulasannya. 

1. Suspensi
Banyak orang yang tidak terlalu peduli dengan suspensi kendaraan. Padahal, suspensi memiliki peran vital bagi keselamatan dan kenyamanan berkendara khususnya di musim hujan. Dengan suspensi yang baik maka mobil dapat dikendalikan lebih mudah di jalan basah dan licin. 

2. Periksa Wiper
Wiper mungkin terbilang hal sepele, namun wiper memiliki pernaan vital kala musim hujan. Pasalnya, tanpa wiper baik, maka jarak pandang pengemudi akan jauh berkurang. Periksa juga kondisi karet wiper mobil Anda, apakah sudah tipis dan perlu diganti. Jika dipaksakan berfungsi dalam keadaan tipis, maka besar kemungkinan akan membuat kaca mobil Anda menjadi baret.

3. Cuci dengan Benar
Air hujan memiliki kandungan garan dan butiran kotoran halus. Karena itu, pastikan Anda tidak langsung mengelap mobil setelah menerabas hujan. lebih baik basahilah dahulu tubuh mobil Anda dengan air bersih sampai merata. Kemudian cucilah mobil dengan shampoo berbusa rendah dan bilaslah kembali secara merata serta mengelapnya. Jangan meninggalkan kotoran atau garam oleh air hujan pada tubuh mobil lebih dari 3 hari, karena akan menyebabkan timbulnya karat, jamur serta noda-noda air yang mengering.

4. Bersihkan Seluruh Bagian
Langkah selanjutnya dalam merawat mobil di musim hujan adalah bersihkan mobil Anda secara menyeluruh, seperti: engsel mobil, tepi bagasi, tepi pintu mobil, tepi kap mesin, dan lain-lain. Jangan meninggalkan bekas air sehabis mencuci di tubuh mobil terlalu lama karena dapat meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan.

5. Periksa Sistem Pengapian
Cek saat pengapian dan lakukan penyetelan saat pengapian yang tepat. Periksa keadaan koil dan platina. Pastikan busi dalam keadaan bersih dari kotoran, periksa keadaan busi dari kemungkinan elektroda yang aus atau terbakar.

Ganti kabel busi bila sudah bocor, keras atau terlalu tua. Pemeriksaan lebih detail harus dilakukan pula pada penutup busi, koil atau distributor. Bila bagian ini terdapat celah atau lobang, guyuran air akan mematikan kelistrikan mobil bersangkutan.

6. Periksa Sistem Kelistrikan
Periksa komponen sistem kelistrikan apakah semua berfungsi dengan baik, seperti apakah ada kabel yang mengelupas, putus, kendor dan kerusakan lain. Periksa lampu-lampu kendaraan apakah ada yang putus. Periksa pula instrumen switch lampu. Masuknya air dalam sistem kelistrikan dan kabel bakal menyulut terjadinya hubungan arus pendek dan membuat mobil segera mogok jika bagian ini basah.

7. Periksa Dinamo Starter
Periksa apakah motor starter berfungsi dengan baik. Apakah motor starter lancar, tidak tersendat-sendat. Paling mudah terpantau saat dinamo stater mengalami kerewelan adalah susahnya mesin mobil dihidupkan. Pastikan pula arus yang mengalir ke motor starter kuat untuk memutar motor starter.

Bila keempat bagian ini benar-benar tak luput dari pemantauan, mobil bakal jauh dari momok ‘mogok’ walau setiap hari terguyur hujan bahkan saat Anda terpaksa menghadapi genangan air. Saat menghadapi genangan jangan panik, sejauh tak terlampau tinggi kurang dari setengah roda mobil. Dengan perlahan dan pertahankan tekanan gas dalam posisi tetap.

8. Siapkan P3K di Dalam Mobil
Untuk menyiasati agar musim hujan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya pastikan kesehatan Anda berada dalam kondisi prima. Selain itu, penting untuk memperhatikan kondisi mobil sebagai penunjang agar perjalanan Anda tetap lancar. Selain mengecek kondisi mesin dan sistem kelistrikan mobil, perlengkapan lainnya seperti dongkrak, segitiga pengaman, dan kotak P3K harus selalu Anda bawa dalam mobil.

Musim hujan boleh datang, tapi aktivitas harus jalan terus. Dengan berperilaku benar saat berkendara disertai dengan pengetahuan tentang merawat mobil di musim hujan yang cukup, Anda sudah ikut membantu sesama pengendara atau pemakai jalan lainnya, paling tidak bisa mengurai masalah kemacetan. [Adi/Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual