Tips Mengemudi Ketika Hujan

Berita Otomotif

Tips Mengemudi Ketika Hujan

JAKARTA - Di awal November 2014, beberapa wilayah di Indonesia mulai diguyur hujan setelah kemarau beberapa bulan terakhir. Indonesia akan mulai menikmati musim hujan dengan berbagai intensitas, mulai dari ringan, sedang hingga lebat.

Hujan pun akan mengubah beberapa kebiasaan kita. Salah satunya adalah cara mengemudi. Mengemudi ketika hujan memang sangat berbeda dengan mengemdi ketika cuaca cerah. Selain jarak pandang terbatas, traksi ban kepada aspal pun akan berkurang jika dibandingkan dengan ketika cuaca cerah.

Berikut adalah beberapa tips mengemudi ketika hujan sesuai dengan yang kami kutip dari Keys2drive:

  1. Berangkatlah lebih awal. Alasannya cukup sederhana, jika mengemudi di kala hujan Anda harus mengemudi dengan kecepatan lebih rendah ketimbang biasanya. Selain itu, ketika hujan biasanya terjadi kepadatan lalu lintas.
  2. Nyalakan lampu Anda. Ketika hujan, jarak pandang biasanya menurun. Dengan dinyalakannya lampu mampu memberikan kemudahan untuk dilihat dan melihat kendaraan lain.
  3. Nyalakan defogger (penghilang kabut) mobil Anda guna menjaga agar kaca tetap bersih dan menjaga jarak pandang.
  4. Jaga jarak. Ketika berkendara saat hujan, pastikan Anda berjalan dengan jarak aman. Pasalnya kendaraan membutuhkan jarak lebih jauh untuk berhenti ketika hujan dibanding saat cuaca cerah.
  5. Mengerem lebih awal dan lebih halus. Dengan menekan pedal rem lebih awal dibanding biasanya, maka Anda bisa mendapatkan posisi berhenti yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, kendaraan lain pun bisa mengetahui bahwa kendaraan Anda melambat dan ikut mengurangi kecepatan mereka.
  6. Hati-hati dengan pejalan kaki. Biasanya orang akan kurang perhatian terhadap lingkungan sekitar ketika Ia menggunakan payung atau berlari menghindari hujan. Selain itu, suara hujan juga mungkin menyebabkan orang tidak mendengar suara mobil.
  7. Menunggu. Jika Anda merasa hujan terlalu deras hingga jarak pandang terlalu sedikit, sebaiknya Anda menunggu di tempat aman dan hingga hujan reda. [Adi/Idr]

Temukan Mobil Baru dan Mobil Bekas di sini.

Bergabunglah di Facebook dan Twitter Mobil123.com



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support