Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Tips Mengemudi Ketika Hujan

Berita Otomotif

Tips Mengemudi Ketika Hujan

JAKARTA - Di awal November 2014, beberapa wilayah di Indonesia mulai diguyur hujan setelah kemarau beberapa bulan terakhir. Indonesia akan mulai menikmati musim hujan dengan berbagai intensitas, mulai dari ringan, sedang hingga lebat.

Hujan pun akan mengubah beberapa kebiasaan kita. Salah satunya adalah cara mengemudi. Mengemudi ketika hujan memang sangat berbeda dengan mengemdi ketika cuaca cerah. Selain jarak pandang terbatas, traksi ban kepada aspal pun akan berkurang jika dibandingkan dengan ketika cuaca cerah.

Berikut adalah beberapa tips mengemudi ketika hujan sesuai dengan yang kami kutip dari Keys2drive:

  1. Berangkatlah lebih awal. Alasannya cukup sederhana, jika mengemudi di kala hujan Anda harus mengemudi dengan kecepatan lebih rendah ketimbang biasanya. Selain itu, ketika hujan biasanya terjadi kepadatan lalu lintas.
  2. Nyalakan lampu Anda. Ketika hujan, jarak pandang biasanya menurun. Dengan dinyalakannya lampu mampu memberikan kemudahan untuk dilihat dan melihat kendaraan lain.
  3. Nyalakan defogger (penghilang kabut) mobil Anda guna menjaga agar kaca tetap bersih dan menjaga jarak pandang.
  4. Jaga jarak. Ketika berkendara saat hujan, pastikan Anda berjalan dengan jarak aman. Pasalnya kendaraan membutuhkan jarak lebih jauh untuk berhenti ketika hujan dibanding saat cuaca cerah.
  5. Mengerem lebih awal dan lebih halus. Dengan menekan pedal rem lebih awal dibanding biasanya, maka Anda bisa mendapatkan posisi berhenti yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, kendaraan lain pun bisa mengetahui bahwa kendaraan Anda melambat dan ikut mengurangi kecepatan mereka.
  6. Hati-hati dengan pejalan kaki. Biasanya orang akan kurang perhatian terhadap lingkungan sekitar ketika Ia menggunakan payung atau berlari menghindari hujan. Selain itu, suara hujan juga mungkin menyebabkan orang tidak mendengar suara mobil.
  7. Menunggu. Jika Anda merasa hujan terlalu deras hingga jarak pandang terlalu sedikit, sebaiknya Anda menunggu di tempat aman dan hingga hujan reda. [Adi/Idr]

Temukan Mobil Baru dan Mobil Bekas di sini.

Bergabunglah di Facebook dan Twitter Mobil123.com



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang