Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Tilang Elektronik di Jalan Tol akan Incar Pelanggar Kecepatan

Berita Otomotif

Tilang Elektronik di Jalan Tol akan Incar Pelanggar Kecepatan

JAKARTA – PT Jasa Marga akan menggabungkan teknologi Speed Camera milik mereka degan sistem ETLE Polda Metro Jaya.

Dengan demikian, kendaraan yang melebihi ketentuan batas kecepatan akan langsung dikenai tilang elektronik. Sehingga diharapkan pelanggar kecepatan di ruas tol akan merasakan efek jera dan pelanggaran menjadi berkurang. Nantinya akan ada delapan titik yang menjadi pusat pemantauan CCTV.

ETLE akan diimplementasikan di jalan tol wilayah Jabotabek. Saat ini kami sedang mempersiapkan ETLE di delapan titik yang tersebar di Jalan Tol Dalam Kota Jakarta, Prof. Dr. Ir. Soedijatmo, Jakarta-Tangerang, Jakarta-Cikampek, Jagorawi, dan JORR Non S,” Subakti Syukur, Direktur Operasi PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Ia menjelaskan bahwa teknis pengorperasian adalah Speed Camera akan memotret kendaaraan melebihi ketentuan batas kecepatan di ruas jalan tol yang diberlakukan ETLE. Lalu data hasil capture Speed Camera yang ada di Jasa Marga secara otomatis terintegrasi dengan database di Polda Metro Jaya untuk kemudian diproses lanjut oleh Polda Metro Jaya sesuai ketentuan.

Untuk mempermudah sosialisasi kepada pengguna jalan, Jasa Marga juga akan mempersiapkan rambu-rambu yang mengindikasikan bahwa di wilayah jalan tol tersebut telah dipasang Speed Camera. Dengan demikian masyarakatt diharapkan tidak akan merasa terjebak.

“Nantinya akan ada rambu-rambu sehingga pengguna jalan juga dapat menerima informasi dengan baik. Saat ini semuanya masih dalam proses integrasi antara Speed Camera milik Jasa Marga dan sistem ETLE Polda Metro Jaya. Ditargetkan awal bulan depan sudah bisa diluncurkan secara resmi,” tegasnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang