Test Drive Nissan Leaf: Mengulik Fitur e-Pedal

Berita Otomotif

Test Drive Nissan Leaf: Mengulik Fitur e-Pedal

JAKARTA – First Impression Nissan Leaf cukup menggoda, ada beberapa catatan yang Mobil123.com petik saat menguji performa electric vehicle (EV) terbaru Nissan yang telah dipastikan akan segera dijual di Indonesia.

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) kemarin (Senin, 09-09-2019) memberikan kesempatan pada media-media nasional termasuk Mobil123.com untuk melakukan pengujian Nissan Leaf di Bridgestone Proving Ground, Karawang, Jawa Barat. Jujur ini merupakan pengalaman yang cukup berharga dan tentunya bisa menjadi pembuktian bahwa sensasi berkendara dengan mobil listrik tidak kalah dibandingkan mobil konvensional.

Kesan pertama yang Mobil123.com dapatkan ketika berada di kabin Nissan Leaf adalah suasana senyap meski mesin sudah aktif. Gemuruh mesin seperti versi mobil konvensional otomatis hilang, ini tentunya memberikan suasana tersendiri, Anda akan lebih nyaman untuk berbincang-bincang atau mungkin saat menikmati sistem hiburan yang tersedia.

Dalam beberapa saat setelah instruktur pendamping memberikan arahan, pengujian pun dimulai, pedal gas kemudian diinjak secara bertahap. Jujur saja, respon yang diberikan mobil kala melakukan akselerasi layak diberikan acungan jempol, aliran tenaga rasanya begitu pada di setiap waktu. Dengan respon sedemikian, Mobil123 tergerak untuk menginjak pedal lebih dalam saat melintasi area uji di trek sepanjang 1.971 meter.

Nissan sendiri mengklaim bahwa akselerasi Nissan Leaf dapat berakselerasi cukup cepat untuk ukuran mobil perkotaan. Tenaga yang dialirkan dari baterai berkapasitas 40 kWh sanggup membuat mobil melaju dari 0-100 km/jam dalam waktu 7,9 detik.

Dalam kesempatan pengujian ini Mobil123 juga sempat menikmati sensasi fitur e-Pedal. Mode berkendara ini memungkinkan pengguna untuk melakukan akselerasi dan pengereman hanya dengan mengandalkan satu pedal. Cukup menginjak pedal untuk berakselerasi dan lepas pedal saat ingin melakukan pengereman.

Kami mencatat, pengereman yang dilakukan dengan bantuan e-Pedal terasa cukup halus. Yang perlu menjadi perhatian adalah, fitur inovatif  pada Nissan Leaf ini lebih cocok dimanfaatkan saat berkendara dengan kecepatan rendah. Sedangkan untuk kecepatan tinggi tetap dibutuhkan bantuan menginjak pedal rem.

Sayangnya pengujian kali ini dilakukan di tempat dan waktu yang sangat terbatas, sejatinya masih banyak yang bisa kita gali dari Nissan Leaf. Mobil123.com masih penasaran, bagaimana performa Leaf jika digunakan sehari-hari terutama menguji hingga baterai benar-benar habis agar bisa membandingkannya dengan mobil-mobil konvensional.

Sedikit informasi, Nissan Leaf sudah mendukung fitur fast charging. Pengisian daya kilat ini bisa mengisi sebanyak 80% baterai mobil hanya dalam waktu 40 menit. Sementara pengisian daya normal menghabiskan waktu sekitar 7-8 jam.

Terakhir, rencananya mobil listrik ini baru mulai dipasarkan di Indonesia pada tahun 2020 mendatang. Jadi pantau terus informasinya hanya di Mobil123.com. [Hlm/Ari]



Helmi

Helmi

Debut resmi di Mobil123 pada kuartal ketiga 2019. Ketahui, pelajari, mengerti, kemudian berbagi, menjadi mottonya dalam menyajikan beragam informasi. Saya antusias dengan dunia otomotif.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support