Tesla Model X, Mobil Listrik Seharga 11 Toyota Raize Tipe Tertinggi

Panduan Pembeli

Tesla Model X, Mobil Listrik Seharga 11 Toyota Raize Tipe Tertinggi

Tesla Model X di Indonesia dijual dengan harga amat tinggi. Harga satu mobil listrik ini setara dengan setidaknya 11 Toyota Raize tipe tertinggi.

Model X merupakan salah satu SUV Tesla, pabrikan otomotif asal Amerika Serikat yang fokus membuat mobil listrik. SUV Tesla lainnya adalah Model Y yang hadir belakangan dengan harga lebih 'murah'.

Secara total, merek ini sudah 'melahirkan' enam model kendaraan ramah lingkungan. Di samping Model X dan Model Y, ada Model S, Model 3, Sportster, dan Cybertruck.

Di pasar Indonesia, Tesla dijual oleh Prestige Motorcars, importir umum mobil-mobil mewah yang didirikan oleh ‘sultan’ muda Rudy Salim.

Rudy Salim, Pendiri Prestige Motorcars

Melihat harganya yang luar biasa mahal, Model X jelas bukan mobil untuk ‘kaum mendang-mending’. Mereka yang sanggup membeli SUV tujuh penumpang ini antara lain adalah pengusaha, pejabat, eksekutif perusahaan ternama, atau artis.

Pada awal 2021, Model X sempat banyak disinggung oleh banyak media cetak, daring (online), maupun elektronik di Indonesia. Ini terjadi setelah penyanyi seksi Gisella Anastasia mengaku terpincut oleh Model X.

Mobil listrik yang dijual di Amerika Serikat sejak 2015 itu sendiri dilaporkan mendapat pembaruan model pada pertengahan 2021. Salah satu perubahannya ialah tipe Performance yang ‘disuntik mati’ dan digantikan tipe Plaid, sedangkan tipe Long Range masih ada.

Kalau Anda cukup tajir dan ingin membeli Model X paling anyar, Anda mesti sabar menunggu. Indennya cukup lama karena distribusi unit di Amerika Serikat saja baru berlangsung mulai akhir semester satu 2022.

Harga Tesla Model X 2021

Model X anyar menjadi salah satu dari sekian banyak kendaraan yang diiklankan di Mobil123.com. Rentang harganya sekitar Rp3-4 miliar--tergantung tipe--dan bisa menjadi lebih mahal lagi dengan penambahan berbagai personalisasi.

Berikut harga on the road (OTR) Jakarta Tesla Model X ketika artikel ini dibuat pada awal Oktober 2021, berdasarkan keterangan dari para tenaga penjual Prestige Motorcars yang beriklan:

  • Model X Long Range Plus Rp3 miliar
  • Model X Plaid Rp4,4 miliar

Harga yang tertera belum termasuk paket personalisasi yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan keinginan konsumen.

mobil listrik Tesla Model X

Sebagai gambaran saja, harga SUV kompak murah Raize pada masa diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 100 persen tahun ini berkisar Rp215,8 juta untuk tipe terendah dan Rp265,9 juta untuk tipe tertinggi dengan teknologi Toyota Safety Sense (TSS).

Berarti, satu Model X Long Range standar tanpa penambahan paket personalisasi sama mahalnya dengan 11 Raize tipe tertinggi. Sementara, harga satu Model X Plaid standar setara dengan banderol 16 Raize berteknologi TSS.

Apakah harga Model X di Indonesia berselisih jauh dengan di Amerika Serikat?

Jawabannya adalah iya. Di ‘rumah sendiri’, Model X yang sudah mendapatkan penyegaran model ‘masih’ berkisar Rp1 miliar untuk kedua tipenya.

Menurut situs resmi Tesla, Model X tipe Long Range di ‘Negeri Paman Sam’ dijual mulai 99.990 dollar AS atau setara sekitar Rp1,42 miliar (1 dollar AS = Rp14.283,55).

Model X tipe Plaid, di sisi lain, dijual mulai 119.990 dollar AS (Rp1,71 miliar).

Harga Tesla Model X Bekas juga Masih Mahal

Di Mobil123.com, terdapat beberapa iklan Model X bekas. Unit tertua berasal dari tahun produksi 2018, sedangkan yang termuda adalah rakitan 2020.

mobil listrik Tesla Model X

Harga Model X bekas termurah di situs ini sekarang mencapai Rp2,8 miliar. Unit berlokasi di Pluit, Jakarta dan merupakan rakitan 2020 dengan tipe Long Range (75D) serta warna bodi hitam.

Jarak pemakaiannya ialah 7.092 km.

Adapun harga Model X bekas termahal saat ini Rp4 miliar. Unit berwarna bodi putih dari tipe Performance (75D) yang diproduksi pada 2019.

mobil listrik Tesla Model X

Lokasinya juga terdapat di Pluit, Jakarta.

Pemilik terdahulu sudah mengemudikannya dengan total jarak kurang-lebih 17.500 km.

Sejarah dan Spesifikasi Singkat Tesla Model X 2021

Saat pertama kali diperlihatkan pada 2012 di Tesla Design Studio, Hawthorne, California, Model X masih berupa kendaraan konsep. Kemudian, peluncuran model produksi massalnya berlangsung pada September 2015, bersamaan dengan dimulainya distribusi kepada konsumen.

Pengiriman unit, menurut situs Electrek, sejatinya ingin dilakukan pada 2014. Akan tetapi, jadwal molor cukup lama karena beberapa alasan.

Salah satunya adalah kerumitan produksi massal Model X gara-gara desain pintu Falcon Wing-nya yang sangat ikonik.

Tesla Model X sempat menjadi salah satu mobil listrik terlaris sejagat, tak lama setelah peluncuran resminya. Akan tetapi, popularitasnya menurun seiring dengan kehadiran Model Y maupun Model 3 sebagai SUV listrik dan sedan listrik Tesla berbanderol lebih terjangkau.

Alasan lain menurunnya antusiasme terhadap Model X adalah persaingan di segmen mobil listrik dunia yang makin ‘panas’, karena kemunculan semakin banyak model dari waktu ke waktu.

Pada medio 2021, Tesla melakukan penyegaran model untuk Model X. Namun, pengiriman kepada konsumen untuk versi terbaru ini diestimasikan baru terjadi secepat-cepatnya Mei atau Juni 2022.

mobil listrik Tesla Model X

Ada dua tipe yang disediakan, yakni Long Range Dual Motor All Wheel Drive serta Plaid Tri Motor All Wheel Drive. Adapun tipe Performance yang dahulu merupakan opsi termewah dengan dua motor penggerak—seperti tipe Long Range—sudah ditiadakan.

Uniknya, jarak tempuh Model X versi termutakhir untuk tipe Long Range malah lebih pendek daripada versi terdahulu. Penurunannya mencapai sekitar 18 km, dari 597 km menjadi 579 km.

Kendati begitu, akselerasi 0-100 km per jam meningkat dari 4,4 detik menjadi 3,8 detik. Kecepatan puncaknya masih tetap 239 km per jam.

Dengan memilih opsi modifikasi pada sektor roda dan tambahan uang 5.500 dollar AS (Rp78 jutaan), kecepatan puncak bisa ditingkatkan menjadi 249 km per jam. Sebagai ‘tumbalnya’, jarak tempuh berkurang 16 km.

Model X tipe Plaid bisa dikemudikan sejauh 547 km, dalam kondisi baterai terisi penuh. Ini masih lebih pendek daripada tipe Long Range, tapi sudah lebih baik daripada jarak tempuh tipe Performance (483 km).

Kecepatan puncaknya 239 km per jam. Akselerasi 0-100 km per jam sedikit makin cepat, menjadi 2,5 detik.

Lagi-lagi, jika memilih opsi modifikasi pada sektor roda, kecepatan puncak menjadi 262 km. Jarak tempuh optimal, di sisi lain, berkurang menjadi 531 km.

Keunikan Model X lawas lewat pintu Falcon Wing tetap ada pada versi terbaru. Fitur Autopilot pun masih tetap dipertahankan.

interior mobil listrik Tesla Model X

Daftar fiturnya kini berisikan antara lain Glass Panoramic Roof dengan Ultraviolet and Infrared Protection, desain eksterior-interior baru, 17 Inch Head Unit, Wireless Gaming, Multi-device Bluetooth, Wireless and USB-C Charging untuk setiap penumpang, 22 Speakers with 960-watt Audio System and Active Noise Cancelling.

Berikut waktu pengecasan Model X di berbagai infrastruktur:

  • Level 1 AC (110-120V – steker listrik biasa di rumah): 20-40 jam
  • AC Level 2 (220-240V – SPKLU/Tesla Chargers/Tesla Home Charger): 8-12 jam
  • Level 3 DC fast charger (480+ volts – SPKLU/Tesla Supercharger): 15-25 menit

Kalau Mobilovers suka mobil listrik yang mana? Apakah Model X dari Tesla ini merupakan salah satunya? [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar