Prestige Motorcars, Importir Tesla Beli Saham Renault Indonesia

Berita Otomotif

Prestige Motorcars, Importir Tesla Beli Saham Renault Indonesia

JAKARTA – Prestige Motorcars, importir mobil-mewah mewah dan mobil listrik Tesla, membeli saham agen pemegang merek (APM) Renault di Indonesia. Dengan akuisisi ini, Prestige Motorscars ingin masuk ke pasar yang lebih luas dan juga ikut menangani penjualan mobil listrik Renault kelak.

Prestige Motorcars, menurut keterangan resmi yang didapat Mobil123.com, menyepakati akuisisi sebagian saham PT. Maxindo Renault Indonesia (MRI) pada Kamis (3/12/2020) kemarin). Seremoni plus penandatanganan dokumen berlangsung di kantor pusat MRI di Pluit, Jakarta.

Kesepakatan kolaborasi antara keduanya sendiri terjadi pada November 2020. Sayangnya, tidak disebutkan mengenai persentase saham MRI yang dibeli oleh Prestige Motorcars beserta nilainya.


Sekadar mengingatkan, MRI baru mengambil alih distribusi dan penjualan mobil – mobil Renault di Nusantara sejak 2 tahun terakhir. Sebelumnya, hak ini dipegang oleh Indomobil Group.

Pada akhir 2020, Renault akan memiliki 19 dealer resmi di seluruh Indonesia. Di antaranya adalah sembilan dealer yang baru saja dibuka dan beroperasi di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) tahun ini.

Salah satu kendaraan andalan pabrikan asal Prancis tersebut saat ini adalah MPV murah Renault Triber.


“Renault Indonesia tetap memegang komitmen yang dijanjikan sejak awal, untuk selalu agresif bertumbuh, meski dalam kondisi yang tidak menentu sekalipun,” kata Davy J. Tuilan selaku Chief Operating Officer MRI.

Prestige Motorcars sendiri merupakan importir umum mobil – mobil mewah, supercar, hypercar, dan mobil listrik Tesla di Tanah Air. Pendiri sekaligus Presiden Direkturnya adalah Rudy Salim, konglomerat muda yang dikenal sebagai teman selebritas Raffi Ahmad dan beberapa kali muncul dalam channel YouTubenya.

Prestige Motorscars juga pihak non-ATPM yang pertama kali menjual mobil listrik di negeri ini.

“Dengan reputasi kami yang baik di dunia otomotif di Indonesia, saya yakin aliansi strategis ini akan menghasilkan keuntungan untuk Renault di Indonesia. Kedepannya kami akan melakukan penetrasi secara masif di pasar Indonesia, engage dengan kelas menengah dan milenial, serta memberikan experience selayaknya konsumen luxury premium car. Kami juga akan sangat serius menggarap pasar mobil listrik Renault di Indonesia,” papar Rudy Salim.

Andrew Limbert, Chief Executive MRI, berharap bergabungnya Prestige Motorcars di dalam MRI akan mampu menambah pengalaman dan warna berbeda pada masyarakat Indonesia dalam memilih mobil, baik secara personal maupun untuk keluarga. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar