Tes Pramusim MotoGP 2021 Sepang Resmi Dibatalkan

Berita Otomotif

Tes Pramusim MotoGP 2021 Sepang Resmi Dibatalkan

SEPANG – MotoGP melalui IRTA dan Dorna akhirnya membatalkan sesi tes pramusim MotoGP 2021 di Sepang, Malaysia.

Sesi tes pramusim MotoGP 2021 sejatinya diselenggarakan pada 14 hingga 16 Februari 2021. Namun beberapa waktu belakangan ini, tes pramusim dihantui dengan gelombang ketiga virus Covid-19. Ajang pengujian motor-motor para pembalap MotoGP ini, terus tarik ulur mengenai protokol kesehatan.

Seperti telah kami wartakan sebelumnya, Dorna, IRTA, Sepang dan pihak Pemerintah Malaysia melakukan diskusi untuk mencari jalan keluar. Pemerintah Malaysia yang menginginkan para pembalap dan kru di karantina, berusaha dinegosiasi.

Kabar terakhir, pembalap dan kru tim tetap harus dikarantina namun masih mendapat sedikit kelonggaran. Namun situasi pandemi covid-19 semakin liar dan merajalela, gerak-gerik manusia di seluruh dunia semakin dibatasi. Hal ini guna mencegah penyebaran virus yang kian tidak terkendali.

Dengan dibatalkannya sesi tes pramusim MotoGP 2021 di Sepang, Malaysia, Sirkuit Portimao (Portugal) dan Sirkuit Jerez (Spanyol). Namun belakangan dipastikan tidak akan ada pengganti sirkuit karena opsi penggantinya, tidak memungkinkan karena cuaca di Eropa saat ini.

Rencananya sesi tes pramusim akan digelar di Qatar. Artinya sesi tes digelar beberapa hari saja sebelum balapan pertama dimulai Maret mendatang.
MotoGP 2021
Saat ini hanya Aprilia yang masih berstatus tim dengan konsesi yang bisa memanfaatkan penuh sesi tes pramusim. Karena enam manufaktur lain hanya bisa menurunkan pembalap tester. Maverick Vinales dan Johann Zarco terdaftar untuk melakukan pengujian motor di Jerez, menggunakan motor spek Superbike.

Sesungguhnya sesi tes pramusim MotoGP 2021 hanya akan menguji beberapa setingan minimal. Karena Dorna melarang semua manufaktur melakukan pengembangan mesin alias dibekukan, karena situasi pandemi. Hal ini dilakukan untuk mencegah tim-tim mengalami kesulitan keuangan yang lebih parah lagi karena pandemi.

Dengan dibatalkannya sesi tes pramusim MotoGP 2021 di Sepang, Malaysia pada Februari mendatang, maka beberapa agenda juga terpaksa dibatalkan. Salah satunya adalah rencana peluncuran livery baru sekaligus perkenalan Valentino Rossi sebagai pembalap baru tim Petronas SRT Yamaha. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar