Masih Pandemi, MotoGP 2021 Siapkan Rencana Cadangan

Berita Otomotif

Masih Pandemi, MotoGP 2021 Siapkan Rencana Cadangan

MADRID – Dorna tengah bersiap untuk menjalankan rencana cadangan untuk kembali menggelar balapan dalam kondisi pandemi.

Seperti diketahui, MotoGP segera bergulir dalam waktu dekat. Ajang balap motor paling kencang dan paling eksklusif ini sejatinya akan digelar pada sirkuit Losail, Doha, Qatar. Rangkaian balap sendiri akan dimulai pada 28 Maret 2021, dengan sebelumnya para pembalap melakukan sesi tes resmi di Sepang, Malaysia.

Telah kami wartakan sebelumnya bahwa pihak MotoGP tidak bisa menghadirkan penonton di Sepang. Mereka juga gagal berkoordinasi dengan pihak pemerintah, sehingga seluruh kru tim harus menjalani karantina selama berada di Malaysia.

Semua kepanikan dan kecemasan ini tentunya akibat covid-19. Karena wabah penyakit yang berasal dari sebuah virus bernama korona, jadwal MotoGP 2020 menjadi berantakan. Pada akhirnya musim kemarin menjadi super singkat dan hanya mencakup di benua Eropa saja.

Mengawali 2021, situasinya tidak berubah jauh. Bahkan peredaran viru korona semakin mengkhawatirkan. MotoGP yang akan diselenggarakan dalam hitungan bulan, kembali dihantui dengan ketidakpastian.

Dengan metode bubble, Dorna selaku pemegang otoritas masih berharap bisa menggelar balapan di luar benua Eropa. Dorna hanya mengijinkan 1.300 orang saja yang bersliweran di dalam lingkungan paddock. Pihak jurnalis juga dilarang merapat ke lokasi balapan jika kondisinya tidak memungkinkan.

“Kami harus membuka mata dan telinga agar bisa menghargai para penyelenggara. Setidaknya kami memberikan waktu 90 hari sebelum hari H. Sebelum itu kami memberikan mereka waktu,” ucap Carmelo Ezpeleta, boss Dorna.
MotoGP 2021
Hingga saat ini, otoritas Qatar mengumumkan bahwa mereka masih sesuai denga jadwal untuk menjadi penyelenggara MotoGP. Meskipun sama-sama mengalami pandemi, mereka ingin tetap bisa menggelar balapan. Mereka juga membuka kesempatan untuk penonton yang ingin hadir dan menyaksikan langsung. Jumlah penonton yang diijinkan sekitar 1.500 orang.

Selain negara-negara Arab, banyak negara yang keberatan dalam hal finansial jika harus menggelar balapan tanpa penonton. Tidak terkecuali Indonesia yang mencoba peruntungan melalui sirkuit baru yakni Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Jika pandemi masih berlangsung, maka akan semakin berat beban Mandalika untuk tetap menggelar balapan sekelas MotoGP.

Jika pandemi masih belum berakhir, MotoGP 2021 tetap akan digelar seperti musim 2020. Seluruh balapan hanya akan digelar di Eropa saja demi menghemat biaya dan mencegah virus berkembang. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar