MotoGP Siapkan Protokol Khusus Pada Sesi Tes Pramusim Sepang 2021

Berita Otomotif

MotoGP Siapkan Protokol Khusus Pada Sesi Tes Pramusim Sepang 2021

SEPANG – MotoGP tengah melakukan konsolidasi dengan Pemerintah Malaysia untuk menggelar sesi tes pramusim 2021 tanpa karantina.

MotoGP 2021 masih berada di bayang-bayang virus korona. Bahkan musim depan, kejuaraan kelas dunia ini dihantui oleh virus korona model baru yang tengah beredar di benua Eropa. Akibat virus baru inilah, banyak negara di Eropa dan Asia melakukan pengetatan perbatasan, tidak terkecuali Malaysia.

Saat ini, para wisatawan yang masuk ke Malaysia, harus melakukan isolasi mandiri selama tujuh hari. Setelah tujuh hari dan hasil tes PCR menunjukkan negatif, maka wisatawan baru diperbolehkan muncul ke publik.

Protokol baru ini tentunya akan mempersulit para pembalap dan seluruh krunya. Sesi pramusim yang sejatinya akan digelar pada 19 21 Februari 2021, akan melar selama 7 hari, jika menerapkan protokol khusus tersebut di atas.
MotoGP Siapkan Protokol Khusus
Dikabarkan oleh Motorsport.com bahwa Dorna, IRTA, dan otoritas Malaysia tengah melakukan diskusi mengenai hal ini. Mereka masih menyusun formula yang tepat dan terbaik saat sesi tes berlangsung. Sehingga para pembalap dan kru tim tidak perlu melakukan karantina selama satu pekan.

Diperkirakan bahwa mereka akan kembali menerapkan sistem bubble covid-19. Sistem ini telah diaplikasikan dan cukup sukses menekan penyebaran virus pada MotoGP 2020. Meskipun pada seri-seri terakhir, terdapat beberapa kasus yang menimpa tim dan salah satunya adalah pabrikan Yamaha.

Sistem ini juga membatasi jumlah pegawai semua tim sehingga tidak membuat kerumunan yang berpotensi memperluas penyebaran virus. Sistem ini akan diuji coba di Sepang, Malaysia. Jika terbukti sukses, maka sesi tes berikutnya di Qatar pada 10 – 12 Maret 2021 akan tetap menggunakan metode tersebut.

Seri pertama MotoGP 2021 sendiri sesuai jadwal akan dimulai di sirkuit Losail, Qatar pada 28 Maret mendatang. Semoga saja virus korona tidak lagi membuat gelaran MotoGP hambar seperti musim ini. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar