Maverick Vinales Latihan Pakai Simulator

Berita Otomotif

Maverick Vinales Latihan Pakai Simulator

ANDORRA – Maverick Vinales terus melakukan latihan rutin untuk menjaga kondisi fisiknya tetap prima jelang MotoGP 2021.

Pembalap asal Spanyol ini nampaknya sudah tidak sabar untuk bisa membalaskan dendamnya pada musim lalu. Seperti diketahui Maverick mengalami musim yang sangat tidak biasa pada MotoGP 2020.

Rider tim Monster Energy Yamaha ini harus menapaki jalan terjal dalam mengarungi musim lalu. Masalah pada motor Yamaha YZR-M1 2020 miliknya masih mengalami masalah yang sama. Meskipun Ia sempat memenangkan balapan, namun peristiwa nahas yang dialami membuatnya hampir frustasi.

Mulai dari performa yang tidak menentu, menjatuhkan diri dari motor saat kecepatan tinggi, hingga terpaksa melakukan start dari pit. Semua dijalani dengan rasa yang campur aduk sebagai pembalap profesional.

Jelang MotoGP 2021 dan kondisi pandemi yang masih menghantui, Maverick tidak ingin mengulangi moment memilukan. Ia melakukan latihan balap di pusat pelatihan menggunakan simulator unik. Berbeda dengan Valentino Rossi dan Marc Marquez yang memiliki sirkuit pribadi, Maverick berlatih dengan simulator.

Simulator yang digunakannya bukan alat yang digunakan untuk mendapatkan SIM (Surat Ijin Mengemudi) di Indonesia. Namun alat ini terkoneksi dengan komponen pencatat dan pembaca otot tubuh. Ia mempelajari kondisi tubuh bagian mana yang harus diperkuat, agar saat balapan tetap bisa menguasai motor dan ritme dari setiap serinya.

Alat yang digunakan sendiri merupakan dari Institut Catala del Peu yang merupakan lembaga khusus ortopedi di Barcelona. Alat ini dikatakan cukup responsif dan mampu membaca kebutuhan setiap pembalap.
Maverick Vinales Latihan Pakai Simulator
Simulator ini sendiri menggunakan rangka motor Yamaha 600 cc yang dipergunakan pada ajang Supersport. Alat ini akan mencatat setiap pergerakan hingga kemungkinan timbul fatigue pada tubuh seorang atlet.

“Tahun lalu, Pol Espargaro, Zavier Cardelus dan Leon Camier telah mencoba simulator unik ini,” tulis Speedweek.com.

MotoGP 2021 hingga saat ini masih dibayang-bayangi pandemi korona yang tidak jelas. Sesi latihan bebas di Sepang, Malaysia yang sejatinya digelar pada Februari mendatang mengharuskan para kru tim dan pembalap menjalani karantina.[Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar