Terobosan KTB Fuso di Tengah Masa Sulit

Berita Otomotif

Terobosan KTB Fuso di Tengah Masa Sulit

JAKARTA – Bertepatan dengan 50 tahun PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai distributor resmi dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) – berkiprah di Indonesia justru menghadapi tantangan yang sangat berat, pandemic Covid-19.

Meski demikian tidak menghentikan langkah KTB Fuso untuk berinovasi. Inovasi terpenting yang dilakukannya adalah masuk ke ranah digital marketplace untuk pertama kalinya.

Pada awal September 2020, KTB Fuso meluncurkan dan meresmikan Mitsubishi Fuso Official Store di sebuah platform marketplace, di mana para pelanggan dapat membeli kendaraan Mitsubishi Fuso tanpa harus pergi ke dealer. Dalam Official Store Mitsubishi Fuso terdapat 22 Dealer Mitsubishi Fuso yang terbagi ke dalam 8 wilayah yaitu:

  1. Sumatera bagian Utara
  2. Sumatera bagian Selatan
  3. JABODETABEK
  4. Jawa Barat
  5. Jawa Tengah
  6. Jawa Timur (termasuk Bali & NTB)
  7. Kalimantan
  8. Indonesia bagian Timur

Kehadiran dealer-dealer tersebut di Store memudahkan para konsumen melakukan transaksi berdasarkan domisili.

“Kerjasama antara Mitsubishi Fuso dan platform marketplace Tokopedia berawal dari komitmen KTB untuk senantiasa hadir dalam memberikan kemudahan layanan kepada konsumen. Terlebih lagi dengan keterbatasan ruang gerak masyarakat akibat PSBB di masa pandemi, mengharuskan kami beradaptasi dengan kebutuhan para konsumen untuk melakukan transaksi jarak jauh,” ungkap Duljatmono, Direktur Sales & Marketing KTB, saat peluncuran Store secara virtual.

Setelah meresmikan Store untuk penjualan kendaraan Mitsubishi Fuso, berikutnya dari sisi purnajual, di mana para pelanggan dapat membeli paket penjualan servis dan spare part (onderdil) melalui platform yang sama mulai awal-awal November 2020. Fitur chat messenger memudahkan para pelanggan dalam bertransaksi.

“Sekitar 5 tahun ke belakang mungkin tidak ada yang pernah terpikir untuk menjual kendaraan melalui digital marketplace, tapi pandemic Covid-19 membuat kita harus berinovasi. Sebenarnya kami sudah mau masuk ke sana sejak 2019 namun kami masih mempertanyakannya. Kini situasi yang membuat kami harus masuk,” ujar Suci Sitoresmi, Public Relations & CSR Department, KTB.

Menurutnya, penjualan KTB Fuso di marketplace sejak 2 bulan pertama terbilang bagus dengan sekitar 150 unit. Banyak pelanggan tertarik bertransaksi via marketplace karena disodori beraneka program penjualan menarik.

Kini, KTB Fuso sedang focus dengan pengembangan kendaraan-kendaraan yang memenuhi regulasi Euro 4, yang pada April 2022 akan diterapkan di Indonesia. Sistem common rail di mesin diesel yang menjadi pemegang peranan kunci akan diaplikasi di semua model kendaraan Mitsubishi Fuso. Sementara ini Mitsubishi Fuso Fighter menjadi kendaraan pertama Fuso yang mengaplikasi sistem common rail. [Idr]

  



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar